Muthiasari, Savena Aldama Muthiasari (2024) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning berbantuan qr code pada elemen keselamatan dan kesehatan kerja untuk kelas x pemasaran smk islam batu / Savena Aldama Muthiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar adalah materi pembelajaran untuk membahasan pokok bahasan berupa cetak maupun noncetak yang dirancang sebagai alat pembelajaran. Pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning berbantuan QR Code pada elemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Kelas X Pemasaran 1 SMK Islam Batu dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan merupakan bentuk tujuan dari penelitian ini. Adanya e-modul ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik dan guru Pemasaran. Model penelitian yang digunakan adalah ASSURE Analyze Learner Characteristic State Objectives Select Methods Media And Materials Utilize Media And Materials Require Learner Participation dan Evaluate. Subyek penelitian yang digunakan yaitu uji produk secara terbatas (5 peserta didik) dan dalam lingkup besar (28 peserta didik). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis problem based learning berbantuan QR Code pada elemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (2) Tingkat kelayakan e-modul berbasis problem based learning berbantuan QR Code pada elemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja telah divalidasi oleh ahli modul mendapatkan hasil 93% dan validasi oleh ahli materi mendapatkan hasil 95% dengan kriteria sangat layak dan dapat digunakan tanpa perbaikan. (3) Respon peserta didik terhadap e-modul berbasis problem based learning berbantuan QR Code pada elemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yaitu uji terbatas mendapatkan hasil 81% dan kelompok besar mendapatkan hasil 85% dengan kriteria sangat layak digunakan tanpa perbaikan. Hal ini membuktikan adanya respon positif dalam penggunaan e-modul berbantuan QR Code sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/312319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |