Pengaruh literasi digital marketing, pemanfaatan marketplace, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik pada jurusan bisnis daring dan pemasaran (bdp) di smkn 1 pasuruan / Srikandi Nur Triputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi digital marketing, pemanfaatan marketplace, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik pada jurusan bisnis daring dan pemasaran (bdp) di smkn 1 pasuruan / Srikandi Nur Triputri

Triputri, Srikandi Nur Triputri (2024) Pengaruh literasi digital marketing, pemanfaatan marketplace, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik pada jurusan bisnis daring dan pemasaran (bdp) di smkn 1 pasuruan / Srikandi Nur Triputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi teknologi menfokuskan pada pemanfaatan teknologi dan keterampilan teknis sedangkan literasi informasi mengedepankan kemampuan dalam mengelola dan memanfaatkan informasi secara optimal. Literasi digital pemasaran menggambarkan keahlian individu dalam memahami konsep kewirausahaan melalui platform digital dan mengimplementasikannya dalam konteks pendidikan kewirausahaan. Selain itu literasi digital pemasaran juga mencakup kemampuan individu dalam memanfaatkan teknologi digital untuk berkreasi berkolaborasi dan mencari informasi yang relevan dengan dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh literasi digital marketing pemanfaatan marketplace dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pesera didik. Selain itu tujuannya adalah untuk mengevaluasi minat berwirausaha di kalangan peserta didik kelas XI dan XII terutama peserta didik jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Pasuruan. Populasi penelitian sebesar 142 peserta didik kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan didapatkan sejumlah 105 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner tertutup. Selanjutya data yang didapatkan akan dilakukan dengan uji analisis regresi berganda uji asumsi klasik dan terakhir uji hipotesis. Perhitungan uji dibantu dengan SPSS 25. Hasil hipotesis menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara literasi digital marketing pemanfaatan marketplace serta pendidikan kewirausahaan dengan minat berwirausaha. Untuk peneliti berikutnya disarankan untuk memperluas cakupan penelitian ke semua tingkatan kelas di SMKN 1 Pasuruan dengan jumlah responden yang lebih besar. Penggunaan metodologi dan teknik pengolahan data yang berbeda dapat menghasilkan temuan baru yang berharga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312312

Actions (login required)

View Item View Item