Peran pendidikan kewirausahaan dalam keberlanjutan bisnis keluarga (fenomenologi bisnis keluarga bidang kuliner di kota malang) / Jihan Tsabita Ronaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pendidikan kewirausahaan dalam keberlanjutan bisnis keluarga (fenomenologi bisnis keluarga bidang kuliner di kota malang) / Jihan Tsabita Ronaa

Ronaa, Jihan Tsabita Ronaa (2024) Peran pendidikan kewirausahaan dalam keberlanjutan bisnis keluarga (fenomenologi bisnis keluarga bidang kuliner di kota malang) / Jihan Tsabita Ronaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengarah pada peran pendidikan kewirausahaan formal nonformal dan pendidikan informal dalam menentukan minat generasi kedua dalam meneruskan kesuksesan bisnis keluarga. Sementara itu penelitian juga akan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi perjalanan generasi kedua dalam mencapai keberhasilan bisnis keluarga mereka. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif khususnya menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan kunci yang terlibat dalam penelitian ini adalah pemilik bisnis dari tiga entitas bisnis yang berbeda yaitu Warung Rujak Gado-gado Sawahan Warung Aroda dan Rumah Makan Nasi Padang Minang Agung. Untuk memberikan sudut pandang yang lebih luas karyawan pelanggan serta anak juga diikutsertakan sebagai informan pendukung. Dengan pendekatan ini penelitian ini bertujuan mengetahui peran pendidikan formal nonformal dan informal mengenai pengalaman pandangan dan pemahaman generasi kedua dalam menjalankan bisnis keluarga serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan bisnis keluarga. Hasil penelitian ini secara substansial menyajikan kesimpulan yang menggambarkan hubungan yang erat antara pendidikan informal dan nonformal dalam konteks mencapai keberlanjutan bisnis keluarga. Sedangkan untuk pendidikan formal memberikan wawasan dasar sebagai modal awal untuk melanjutkan pengembangan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kombinasi pendidikan informal dan pengalaman pendidikan nonformal memiliki dampak positif yang signifikan pada minat dan juga kemjuan bisnis keluarga. Implikasi strategis dari penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi pendidikan dalam strategi pengembangan bisnis keluarga dengan merinci cara di mana aspek pendidikan ini saling melengkapi dan mendukung selain itu pendidikan sebagai faktor penentu kesuksesan dan menjadi faktor jawaban dari hambatan . Sebagai hasilnya penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk memandu kebijakan dan praktik pendidikan yang mendukung kesuksesan bisnis keluarga dalam dinamika lingkungan bisnis saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312296

Actions (login required)

View Item View Item