Pengembangan media e-learning mizi berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran kelas x bisnis daring smk pgri 3 malang / Fachita Syafa Kamilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning mizi berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran kelas x bisnis daring smk pgri 3 malang / Fachita Syafa Kamilah

Kamilah, Fachita Syafa Kamilah (2024) Pengembangan media e-learning mizi berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran kelas x bisnis daring smk pgri 3 malang / Fachita Syafa Kamilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan media pembelajaran bagi peserta didik yang kurang menarik dan monoton akan berimbas pada rendahnya hasil belajar maka penelitian ini penting dilakukan untuk mengembangkan media e-learning MIZI berbasis website yang memiliki tampilan menarik dan interaktif dapat diakses kapan saja dan dimana saja serta bersifat praktis dan edutainment sehingga dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan media e-learning MIZI berbasis website untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (Research amp Development) model ADDIE. Subjek penelitian yaitu tenaga ahli materi tenaga ahli media dan peserta didik kelas X Bisnis Daring SMK PGRI 3 Malang yang dibagi menjadi kelas eksperimen serta kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara angket post-test juga dokumentasi. Media yang dihasilkan mendapatkan kategori sangat valid/sangat layak berdasar pada hasil validasi tenaga ahli serta respon peserta didik sebagai pengguna. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai peserta didik yang mengaplikasikan media e-learning MIZI berbasis website (90.89) lebih tinggi daripada rata-rata nilai peserta didik yang mengaplikasikan media powerpoint (76.59). Hasil uji independent sample t-test diperoleh signifikansi 0.000 lt 0.05 berarti H ditolak dan H diterima yang menunjukkan bahwasannya terdapat perbedaan diantara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang mengaplikasikan media e-learning MIZI berbasis website dengan peserta didik kelas kontrol yang mengaplikasikan media powerpoint.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312251

Actions (login required)

View Item View Item