Muhammad Sholehan (2009) Implementasi sistem antar kerja bagi lulusan di Vocational Education Development Center (VEDC) Malang dengan system quality berstandar internasional ISO 9001-2000 / Muhammad Sholehan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hakikat kebenaran ilmiah suatu fakta dan bukti dari fenomena implementasi sistem antar kerja yang di selenggarakan oleh lembaga Vocational Education Development Center (VEDC) Malang atau Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Teknologi (PPPGT) Malang yang sedang menjembatani lulusan sekolah dan perguruan tinggi untuk mendapatkan kesempatan kerja sesuai dengan potensi dan profesi yang dimiliki baik bekerja di industri maupun instansi pemerintah atau masyarakat pada umumnya yang berada di dalam negeri maupun luar negeri. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan landasan berpikir fenomenologis dan jenis penelitian studi sistem. Fokus penelitian ini adalah (a) Bagimanakah profil VEDC Malang (b) Bagaimanakah strategi yang diterapkan VEDC Malang dalam mengimplementasikan sistem antar kerja (c) Bagaimanakah implementasi sistem antar kerja di VEDC Malang dengan international standard system quality (d) Bagaimanakah kondisi strategis VEDC Malang dalam mengimplementasikan sistem antar kerja. Berdasarkan fokus penelitian desain penelitian metode penelitian yang digunakan dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut. Pertama Temuan hasil penelitian tentang profil lembaga VEDC Malang dengan quality system berstandar internasional memiliki karakteristik sebagai berikut (1) Lembaga memiliki otoritas penuh untuk menentukan tujuan dengan mendesain sendiri sistem organisasi (2) Lembaga memiliki elemen mutu kinerja produk dan jasa berstandar internasional (3) Lembaga memiliki partner pengembangan skala internasional (4) lembaga memiliki posisi yang strategis dalam pengembangan institusi berdasarkan pemetaan pasar bidang pendidikan skala internasional. Kedua Temuan penelitian pada fokus implementasi sistem antar kerja adalah serangkaian aktifitas sistem dengan kualitas berstandar internasional dengan karakteristik sebagai berikut (1) aktifitas sistem antar kerja yang meliputi penetapan input perekrutan atau seleksi lulusan pre service training uji coba kerja penempatan kerja dan Evaluasi memiliki jaminan mutu (quality Assurance) (2) Selain quality assurance pelaksanaan sistem antar kerja untuk menjaga kepuasan pelanggan dilakukan dengan pengawasan mutu (International Quality Control) melalui sistem audit internal dan eksternal. Ketiga ditemukan hasil penelitian fokus kondisi sistem antar kerja yang memiliki karakteristik sekuensial sebagai berikut (1) Setiap sistem merupakan sub-sistem dari sistem yang lebih besar (2) secara strategi keberhasilan implementasi sistem di pengaruhi oleh faktor internal sistem yaitu kekuatan dan kelemahan dan eksternal sistem yaitu peluang dan ancaman (3) Setiap sub-sistem dari sistem memiliki batasan (boundary) dengan sub-sistem lainnya (4) Setiap sub-sistem dari sistem memiliki jarak (interface) yang terhubung secara linier dan interaktif dengan lainya (5) Sistem antar kerja memiliki batasan dengan lingkungan dan pencapaian tujuan. Keempat Ditemukan hasil fokus strategi yang digunakan VEDC Malang yaitu strategi quantum net work dengan karakteristik (1) Menerapkan pola marketing (2) membangun jaringan partnership (3) Memiliki produk dan jasa layanan yang memiliki nilai jual pasar skala internasional. Temuan tersebut telah didiskusikan secara intensif sehingga teori yang disusun secara subtansial memiliki nilai guna praktis dan teoritis yang sangat bermanfaat sebagai alternatif dalam memecahkan permasalahan keterpurukan Sistem Pendidikan Nasional yang menjadi faktor utama penyebab akumulasi pengangguran terdidik yang setiap tahun berdasarkan sensus Departemen Tenaga Kerja dan Badan Perencanaan Tenaga Kerja baik tingkat pusat maupun daerah yang secara kuantitas jumlahnya terus meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |