Dwi Santoso (2010) Keefektivan penggunaan dana bantuan operasional sekolah dalam rangka program peningkatan mutu pembelajaran di SD se-kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Dwi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan tolak ukur suatu pemerintahan yang berkembang menyediakan bantuan finansial bangsa melalui pendidikan suatu negara dapat meningkatkan kualitas SDMnya. Sehubungan dengan itu pemerintah bangsa indonesia terus melakukan upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan antara lain dengan mengeluarkan program Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ditujukan pada peningkatan kualitas proses pembelajaran. Sekolah berperan dalam mendukung program tersebut dengan menggunakan dana tersebut seefektif mungkin untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Masyarakat mendukung pelaksanaan program tersebut dengan mengawasi pelaksanaan penggunaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah tingkat keefektivan penggunaan dana BOS dalam rangka program peningkatan mutu pembelajaran di SD se-Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (2) bagaimanakah perbedaan antara mutu pembelajaran periode sebelum dan sesudah menerima dana BOS di SD se-Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui tingkat keefektivan penggunaan dana BOS dalam rangka program peningkatan mutu pembelajaran di SD se-Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (2)untuk mengetahui perbedaan mutu pembelajaran periode sebelum dan sesudah menerima dana BOS di SD se-Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari semua Kepala Sekolah dan Guru Bidang Studi di SD se-Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar yang berjumlah 402 orang dari 38 SD. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah porpotional random sampling sebanyak 9 sekolah dengan perincian yaitu 9 orang Kepala Sekolah dan 90 orang guru bidang studi jadi sampel yang diambil adalah 99 orang dengan angket yang terkumpul sebanyak 99 angket (100%). Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi untuk menjawab permasalahan pertama dengan bantuan SPSS for windows release 12.0 dan uji t untuk menjawab permasalahan kedua dengan bantuan SPSS for windows release 12.0. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat keefektifan penggunaan dana BOS sudah berjalan baik hal ini dibuktikan dengan penelitian terhadap Kepala Sekolah yaitu didapat 55.6% yang menilai sangat efektif dan 44.4% menilai efektif sedangkan mengenai mutu pembelajaran juga sudah berjalan baik dengan dibuktikan penelitian kepada Guru Bidang Studi yang menilai sangat efektif 55.6% dan yang menilai efektif 43.3% serta yang menilai cukup efektif 1.1%. Penelitian menggunakan Uji t memperoleh hasil tidak ada perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan oleh penelitian terhadap hasil ujian akhir siswa kelas 6 sebelum menggunakan dana BOS (tahun 2002/2003) dan sesudah menggunakan dana BOS (tahun 2004/2005) memperoleh hasil Uji t adalah t hitung 1.479 8804 t tabel 2.306 (taraf signifikan 5%) maka Ha tidak ditolak dan Ho ditolak dengan ini dikatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum menerima dana BOS dan prestasi belajar siswa sesudah menerima dana BOS. Kesimpulan penelitian adalah (1) tingkat keefektivan penggunaan dana BOS sudah berjalan baik (2) tingkat pembelajaran sudah berjalan baik (3) penerapan dana BOS dalam pembelajaran belum dapat bejalan dengan baik masih banyak kendala yang mungkin dihadapi oleh sekolah misalnya mengenai kegiatan siswa di luar pembelajaran dll (4) tidak ada perbedaan yang signifikan menyebabkan terdapat perselisihan dengan hipotesis awal karena pada penelitian perbedaan menunjukkan bahwa prestasi siswa sebelum menggunakan dana BOS lebih tinggi dari pada prestasi siswa sesudah menggunakan dana BOS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran kepada (1) Kepala Diknas sebagai pimpinan di dinas pendidikan Kecamatan Nglegok penelitian ini dapat dipakai sebagai pertimbangan dalam menentukan kebijakan penggunaan dana BOS dan evaluasi penggunaan dana BOS (2) Kepala Sekolah bendahara sekolah dan komite memahami fungsi dana BOS bagi Sekolah pemanfaatan yang efektif dan efisien terhadap penggunaan dana BOS upaya peningkatan mutu pembelajaran karena salah satu tujuan dari pemerintah memberikan dana BOS adalah peningkatan kualitas siswa (3) Guru Bidang Studi diharapkan dapat meningkatkan mutu mengajar dengan pengajaran yang menyenangkan siswa memberikan evaluasi secara rutin dan pemberian waktu dalam satu minggu sekali menggadakan gerakan baca buku bersama selama dua sampai empat jam. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pertama minat membaca siswa kedua kualitas siswa (4) Peneliti Lanjutan yang akan meneliti hal yang sama diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih luas lagi dengan karakteristik yang berbeda sampel juga berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |