Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas X SMA Negeri 4 Blitar / Resa Subhan Effendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas X SMA Negeri 4 Blitar / Resa Subhan Effendy

Effendy, Resa Subhan (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas X SMA Negeri 4 Blitar / Resa Subhan Effendy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) hasil belajar. Salah satu permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas X SMA Negeri 4 Blitar adalah rendahnya hasil belajar siswa. Dari hasil belajar pra tindakan diketahui bahwa hanya 12 siswa (40%) yang memenuhi SKM sedangkan 18 siswa (60%) belum memenuhi dengan rata-rata hasil belajar pra tindakan sebesar 69. Rendahnya hasil belajar ini dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional dan bersifat teacher oriented seperti ceramah. Akibatnya aktivitas dan keterlibatan siswa dalam belajar menjadi berkurang karena guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang banyak melibatkan aktivitas siswa dalam belajar salah satunya pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Tahap-tahap penerapannya yaitu 1) pengelompokan 2) perencanaan 3) penyelidikan 4) pengorganisasian 5) presentasi dan 6) evaluasi. Rancangan penelitian ini sendiri menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Dimana pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan meliputi 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Data dalam penelitian diperoleh dari tes hasil belajar lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Data ini kemudian dianalisis dan diolah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa adalah 72 5. Sebanyak 17 siswa (56 6%) sudah memenuhi SKM sedangkan 13 siswa (43 4%) belum memenuhi SKM. Besarnya peningkatan rata-rata hasil belajar siklus I jika dibandingkan dengan hasil belajar pra tindakan sebesar 4%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79 dengan keterangan 24 siswa (80%) memenuhi SKM sedangkan 6 siswa (20%) belum memenuhi SKM. Besarnya peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 8 9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu 1) penerapan model Group Investigation (GI) dapat digunakan sebagai referensi sekaligus pertimbangan dalam pemanfaatan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah 2) guru perlu melakukan persiapan yang matang rajin memberikan motivasi dan semangat kepada siswa agar penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dapat berjalan sesuai dengan perencanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item