Pengembangan media pembelajaran kartu domino pada materi sintesis protein berbasis teams games tournament (tgt) terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi / Cindy Clarissa Aulia Ruswandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kartu domino pada materi sintesis protein berbasis teams games tournament (tgt) terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi / Cindy Clarissa Aulia Ruswandi

Ruswandi, Cindy Clarissa Aulia Ruswandi (2024) Pengembangan media pembelajaran kartu domino pada materi sintesis protein berbasis teams games tournament (tgt) terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi / Cindy Clarissa Aulia Ruswandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan kolaborasi adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan pada pembelajaran Abad 21. Hasil analisis kebutuhan melalui observasi menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi masih tergolong rendah. Rendahnya keterampilan kolaborasi yang dimiliki siswa dapat berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa sangat diperlukan. Media pembelajaran kartu domino berbasis Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan terutama pada materi sintesis protein karena dinilai cukup menyenangkan menurut siswa dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu domino berbasis TGT pada materi sintesis protein dengan kategori valid praktis dan efektif terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa. Model pengembangan ADDIE dipilih karena sangat cocok untuk pengembangan media pembelajaran selain itu model pengembangan memiliki tahapan kerja yang sistematis. Hasil pengembangan media menunjukkan validasi media 96% validasi materi 100% validasi praktisi 97% validasi perangkat media 100% kepraktisan 95 36%. Hasil uji keefektifan dilihat dari analisis deskriptif nilai rerata N-gain pada angket keterampilan kolaborasi dan hasil tes belajar kognitif siswa yang menunjukkan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran yang dikembangkan valid praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311973

Actions (login required)

View Item View Item