Ursila, Azka Ashla Ursila (2024) Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui case based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x di sma negeri ngoro jombang / Azka Ashla Ursila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-5 SMA Negeri Ngoro Jombang. Pembelajaran dilakukan melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis android dipadu Case Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II 6 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Peningkatan hasil keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil tes awal dan tes akhir pada setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil n-gain keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada setiap indikatornya. Indikator focus meningkat dari 0 41 menjadi 0 80 reason dari 0 33 menjadi 0 73 inference dari 0 64 menjadi 0 79 situation dari 0 35 menjadi 0 96 clarity dari 0 53 menjadi 0 74 dan overview dari 0 35 menjadi 0 89. Adapun peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari hasil tes akhir siklus. Pada siklus I rata-ratanya sebesar 79 57 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 74 29%. Sedangkan pada siklus II rataratanya sebesar 88 29 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 94 29% dan didapatkan Ngain sebesar 0 43 termasuk kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311965 |
Actions (login required)
View Item |