Izzata, Imarayna Izzata (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif kelas xi mipa 5 sma laboratorium um / Imarayna Izzata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan abad XXI membawa perubahan dalam pembelajaran salah satunya yaitu peserta didik diharapkan dapat memiliki keterampilan 4C yang terdiri dari keterampilan critical thinking creativity collaboration dan communication. Salah satu keterampilan yang penting diterapkan pada pembelajaran abad XXI yaitu keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa tingkat keterampilan komunikasi peserta didik di kelas XI MIPA 5 SMA Laboratorium UM berada pada kategori rendah. Selain itu lebih dari 50% peserta didik di kelas XI MIPA 5 tidak tuntas dalam belajar. Rata-rata nilai ulangan harian yang didapatkan peserta didik yaitu di bawah 75 atau di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif kelas XI MIPA 5 SMA Laboratorium UM melalui penerapan model kooperatif Jigsaw. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan permasalahan dan dampak dari tindakan yang diambil untuk mengatasi permasalahan. Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam dua siklus. Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 31 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki dan 13 perempuan. Pengukuran keterampilan komunikasi menggunakan lembar observasi keterampilan komunikasi peserta didik berdasarkan rubrik keterampilan komunikasi sedangkan hasil belajar kognitif diukur menggunakan soal tes kognitif bentuk pilihan ganda. Hasil data yang sudah didapatkan kemudian diolah dengan triangulasi data yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw mampu meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Laboratorium UM. Persentase keterampilan komunikasi peserta didik mengalami peningkatan dari 54 95% pada siklus I meningkat menjadi 80 50% pada siklus II. Hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan ketuntasan klasikal dari 51 61% pada siklus I menjadi 96 77% pada siklus II. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diharapkan terdapat penelitian PTK selanjutnya dengan menambah inovasi pada model pembelajaran kooperatif Jigsaw agar lebih menarik saat melakukan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311948 |
Actions (login required)
View Item |