Penerapan model problem based learning (pbl) bermuatan etnosains pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sma nasional malang / Zakiah Ainun Riza - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning (pbl) bermuatan etnosains pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sma nasional malang / Zakiah Ainun Riza

Riza, Zakiah Ainun Riza (2024) Penerapan model problem based learning (pbl) bermuatan etnosains pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sma nasional malang / Zakiah Ainun Riza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pendidikan abad ke-21 perlu ditata ulang agar mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Ciri manusia yang berkualitas di abad ke-21 adalah memiliki kecakapan berpikir kritis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa tingkat berpikir kritis siswa kelas X IPA 2 SMA Nasional Malang tergolong rendah dengan persentase sebesar 47 9%. Lebih dari 50% siswa dinyatakan tidak tuntas belajar karena belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dibutuhkan model pembelajaran yang menunjang peran aktif siswa dan kontekstualitas pembelajaran. Maka dari itu perlu diterapkan model Problem Based Learning (PBL) bermuatan etnosains. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan (plan) pelaksanaan tindakan (act) dan observasi (observe) serta refleksi (reflect). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL bermuatan etnosains mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Nasional Malang. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai berpikir kritis dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif dilihat dari ketuntasan klasikal yang memenuhi indikator keberhasilan yaitu ge 85%. Model PBL dengan internalisasi etnosains dalam pembelajaran biologi dapat memberikan siswa pembelajaran yang bermakna. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam merekontruksi sains asli dalam kebudayaan masyarakat menjadi pengetahuan ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311947

Actions (login required)

View Item View Item