Pangestu, Hafidh Yanuar Pangestu (2024) Pengembangan praktikum virtual biologi uji makanan berbasis inkuiri untuk kelas xi sman 3 malang / Hafidh Yanuar Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Selama perkembangan zaman manusia semakin modernnya kebudayaan semakin meningkat pula kebutuhannya tidak terkecuali dalam bidang pendidikan pada abad XXI yang telah masuk dalam era industri 4.0 ini perkembangan teknologi serta spesifikasi kemampuan yang dibutuhkan mengalami perbedaan akibat semakin berkembangnya teknologi. Literasi sains dibutuhkan oleh peserta didik agar dapat berkembang untuk meningkatkan kualitas hidup yang baik seperti tujuan dari pendidikan sains yaitu produktif. Salah satu cara agar peserta didik dapat beradaptasi sesuai dengan lingkungannya salah satunya adalah melalui pembalajaran biologi terutama pada pengembangan bidang sains. Berkembangnya teknologi sekarang yang semakin cepat mengakibatkan keperluan akan prosedur atau metode belajar berbasis TIK dalam dunia pendidikan menjadi tidak terelakkan. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dapat memberikan pengaruh yang besar apabila dihadapkan dengan gaya belajar siswa yang bermacam-macam. Media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa dapat memberikan motivasi dalam belajar serta keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran yang menekankan dalam penemuan mandiri konsep serta prinsip dari yang dipelajari sehingga menekankan siswa untuk secara aktif mengembangkan kemampuannya dalam menemukan sendiri suatu konsep dengan cara merumuskan permasalahan prosedur dan menganalisis hasilnya serta memberikan kesimpulan atas permasalahan tersebut secara mandiri. Selama masa pandemi ini kegiatan praktikum tidak dapat dilakukan secara maksimal dalam laboratorium sekolah sehingga pengalaman pembelajaran praktikum yang didapatkan tidak dapat dilakukan oleh karena itu siswa memerlukan media belajar yang memberikan pengalaman belajar yang memuat simulasi penggunaan alat-alat tersebut dengan tujuan peserta didik dapat mengalami proses pembelajaran mengenai penggunaan alat-alat laboratorium tersebut . Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 3 Malang selama bulan september-oktober 2020 menunjukkan bahwa praktikum yang dilakukan secara online atau peserta didik melakukan secara mandiri siswa cenderung lebih banyak mencari sumber yang hampir mirip dengan tujuan dan hasil praktikum sehingga peserta didik tidak melakukannya secara mandiri. Hal ini dapat berakibat peserta didik tidak dapat belajar secara maksimal bagaimana melakukan praktikum yang benar serta peserta didik tidak mengalami proses pembelajaran selama melakukan praktikum. Memperhatikan alasan di atas peneliti berupaya untuk membantu guru dan siswa demi terselenggaranya pembelajaran yang efektif selama masa pandemi dengan melakukan penelitian yang berjudul ldquo Pengembangan Praktikum Virtual Praktikum Biologi Uji Makanan Berbasis Inkuiri untuk siswa kelas XI SMAN 3 Malang rdquo yang valid dan praktis Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Lee dan Owen. ). Peneliti memilih model tersebut dengan beberapa alasan yaitu (1) model pengembangan menurut Lee dan Owens merupakan model pengembangan pembelajaran yang berbasis multimedia dan (2) model ini memiliki tahapan-tahapan yang berurutan dan sistematis yang dimulai dari tahap analisis desain pengembangan penerapan dan yang terakhir adalah evaluasi. Produk aplikasi praktikum virtual diuji kelayakannya menggunakan uji validitas dan uji kepraktisan. Hasil yang didapatkan setelah melalui beberapa uji validitas oleh ahli media materi dan praktisi pendidikan aplikasi praktikum virtual biologi uji makanan dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran disekolah. Sementara hasil dari uji kepraktisan yang dilakukan pada siswa melalui angket diperoleh hasil bahwa aplikasi praktikum virtual biologi uji makanan dinyatakan praktis dan dapat digunakan untuk pembelajaran dikelas. Kesimpulan akhir dari hasi uji validitas dan uji kepraktisan menyatakan bahwa aplikasi praktikum virtual biologi uji makanan dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan di sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |