Anggraini, Dyan Rani (2011) Analisis persepsi keadilan dan komitmen organisasi antara karyawan harian dan borongan (Studi pada PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung) / Dyan Rani Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Persepsi Keadilan Komitmen Organisasi Karyawan Harian dan Karyawan Borongan Saat ini sebuah organisasi sebagian besar tenaga kerjanya terdiri dari karyawan kontrak. Karyawan kontrak yaitu orang yang bersedia untuk melakukan pekerjaan yang diberikan atasan atas dasar kontrak dengan waktu terbatas. Meskipun ada pandangan yang berbeda pada konsekuensi perubahan hubungan kerja karyawan kontrak sering dinilai positif oleh atasan. Dalam beberapa studi karyawan kontrak menunjukkan sikap kurang menguntungkan dan kinerja yang lebih rendah dari pada karyawan tetap. Menurut perspektif ekonomi secara umum kemampuan organisasi untuk menyesuaikan tenaga kerja untuk kebutuhan mendesak menunjukkan hasil signifikan bahwa biaya tenaga kerja kontrak lebih rendah bila dibandingkan dengan organisasi yang menggunakan karyawan tetap untuk setiap tingkat dalam organisasi ekonomi. Dengan demikian perlu diketahui adanya perbedaan persepsi keadilan dan komitmen organisasi antara karyawan harian dan karyawan borongan. Perbedaan ini sedikit banyak akan mempengaruhi sikap dan prilaku dari karyawan. Dengan adanya sikap kerja yang baik maka tujuan perusahaan dapat tercapai. Tentu saja hal ini menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk bagaimana menciptakan persepsi keadilan serta memantapkan komitmen organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif deskriptif yang ingin mengetahui bagaimana persepsi keadilan dan komitmen organisasi karyawan harian dan karyawan borongan dan apakah terdapat perbedaan persepsi keadilan dan komitmen organisasi yang signifikan antara karyawan harian dan karyawan borongan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan harian dan karyawan borongan PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung. Dengan sampel karyawan harian 61 orang dan karyawan borongan 79 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi keadilan karyawan harian PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung adalah baik sedangkan persepsi keadilan karyawan borongan PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung adalah sedang. Komitmen organisasi karyawan harian PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung adalah rendah begitu juga komitmen organisasi karyawan borongan PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung adalah rendah. Selain itu pada penelitian ini dapat diketahui bahwa thitung untuk persepsi keadilan adalah tidak identik atau berbeda sangat signifikan. Ada perbedaan yang signifikan antara komitmen organisasi karyawan harian maupun karyawan borongan di PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung. Selanjutnya dari proses wawancara diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan persepsi keadilan dan komitmen organisasi karyawan harian dan karyawan borongan. Saran yang bisa diberikan adalah (1) Bagi pihak manajemen PT. Guna Atmaja Jaya Tulungagung harus mempunyai pertimbangan khusus dalam pemberian tugas-tugas terkait status karyawan. (2) Bagi penelitian selanjutnya sebaiknya lebih diarahkan pada hubungan persepsi keadilan dan komitmen organisasi ke variabel-variabel yang lain dan juga mengukur pengaruhnya terhadap perilaku kerja. Selain itu juga untuk lebih melengkapi penelitian ini dianjurkan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkorelasi kedua variabel tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |