Pengembangan perangkat pembelajaran icare materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik kelas x sma negeri 2 pare / AFI NABILLA FALIHAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran icare materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik kelas x sma negeri 2 pare / AFI NABILLA FALIHAH

Falihah, Afi Nabilla Falihah (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran icare materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik kelas x sma negeri 2 pare / AFI NABILLA FALIHAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ICARE materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik Kelas X SMA Negeri 2 Pare yang valid praktis dan efektif. Penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yakni Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Hasil pengembangan perangkat ICARE berupa modul ajar asesmen pembelajaran dan LKPD. Perangkat pembelajaran ICARE divalidasi oleh ahli materi ahli perangkat pembelajaran dan praktisi pendidikan biologi dengan perolehan persentase sebesar 100%. Perolehan persentase pada uji perorangan sebesar 91 76% uji coba kelompok kecil sebesar 93 88% uji coba lapangan sebesar 93 57% dan conduct a pilot test sebesar 93 03%. Implementasi dilaksanakan pada 35 peserta didik kelas X-12 pada bulan Maret 2024-April 2024. Data dianalisis menggunakan uji t-berpasangan (paired t-test) untuk mengetahui pengaruh penerapan perangkat pembelajaran ICARE terhadap variabel terikat dan perhitungan menggunakan rumus N-gain untuk mengetahui tingkat keefektifan perangkat pembelajaran ICARE. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perangkat pembelajaran ICARE efektif dalam melatih keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi dengan rata-rata skor N-gain sebesar 0 57 dengan tingkat keefektifan sedang cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311800

Actions (login required)

View Item View Item