Lisa Mei Rika Dewi (2009) Proses manajemen Ma'had Sunan Ampel Al-Ali Putri (studi kasus di Universitas Islam Negeri Malang) tahun ajaran 2006/2007 / Lisa Mei Rika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manajemen sangat penting diterapkan dalam menjalankan suatu lembaga pendidikan maupun non pendidikan demikian juga manajemen dalam mengelola layanan khusus asrama. Tanpa manajemen yang baik maka akan sulit tercapai tujuan yang ingin dicapai salah satunya adalah asrama yang mampu mencetak generasi yang dapat menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan umum dan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses manajemen yang diterapkan di asrama mahasiswa yaitu perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini dilakukan di Ma had Putri Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang dimulai sejak bulan Juli sampai November 2007. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan landasan berpikir eksplanatoris. Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti interview observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan Pertama proses perencanaan yaitu (1) Tujuan yang ingin dicapai adalah membentuk Intelek yang Ulama Profesional atau Ulama yang Intelek Profesional (2) Bentuk perencanaan bersifat jangka pendek yaitu perencanaan selama 1 tahun (3) ada program yang direncanakan (4) perencanaan disusun melalui rapat kerja (5) Teknik penyusunan menggunakan Diagram Balok (Bar Chart) atau Diagram Gannt (Gannt Chart). Kedua proses pengorganisasian yaitu (1) ada struktur organisasi (2) pengurus dipilih melalui seleksi (3) keputusan diambil berdasar musyawarah dan putusan akhir oleh Direktur ma had (4) bentuk organisasi tunggal lalu lintas kekuasaan Line and Staf (5) Ada pendelegasian wewenang antar pengurus dalam divisi yang sama. Ketiga proses pelaksanaan yaitu (1) semua program terlaksana (2) ada pemberian motivasi dari Direktur (3) ada faktor penghambat yaitu dana dan heterogenitas mahasantri (4) ada faktor pendukung yaitu motivasi dan keaktifan pengurus tinggi dan dukungan finansial dari orang tua mahasantri dan sponsor. Keempat proses pengawasan yaitu (1) pengawasan melalui rapat kerja evaluasi bulanan dan inspeksi mendadak (2) sasaran pengawasan sarana dan prasarana program kegiatan serta pengurus (3) pengawasan dilakukan secara bertahap (4) laporan pengawasan secara tertulis dan lisan (5) Cara mengatasi hambatan dana adalah mengadakan iuran sumbangan mahasantri dan sponsor. Masalah heterogenitas mahasantri dengan membuat inovasi dan kreativitas acara-acara di tiap mabna. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada Direktur ma had agar terus meningkatkan pemberian motivasi kepada bawahan dan terus memperbaiki manajemen yang diterapkan. Universitas diharapkan mendukung secara penuh hal yang bersifat materi maupun non materi demi kemajuan dan peningkatan ke arah yang lebih baik bagi ma had mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |