Dianti, Saktia Utami Ayu Dianti (2024) Pengaruh model problem-oriented project based learning (popbl) pada materi virus terhadap hasil kognitif, keterampilan berpikir kritis, dan literasi digital siswa sman 1 kepanjen / Saktia Utami Ayu Dianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan model POPBL pada materi virus terhadap hasil kognitif keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa SMAN 1 Kepanjen. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling yang terdiri dari satu kelas kontrol yang menerapkan model PBL (X.6) dan satu kelas eksperimen (X.8) yang menerapkan model POPBL. Kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis diukur dengan tes uraian sedangkan literasi digital diukur dengan angket. Terdapat perbedaan signifikan rerata nilai kemampuan kognitif keterampilan berpikir kritis dan literasi digital antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai p level 0 000 lt nilai alpha 0 05 yang berarti penerapan model POPBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa SMAN 1 Kepanjen. Maka dari itu penerapan model POPBL pada materi virus berpengaruh pada hasil kognitif keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa SMAN 1 Kepanjen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311786 |
Actions (login required)
View Item |