Pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan feedback on instruction terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan pada siswa Kelas x SMAN 2 batu / Mey Ayunda Miftakhul Jannah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan feedback on instruction terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan pada siswa Kelas x SMAN 2 batu / Mey Ayunda Miftakhul Jannah</p>

Jannah, Mey Ayunda Miftakhul (2024) Pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan feedback on instruction terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan pada siswa Kelas x SMAN 2 batu / Mey Ayunda Miftakhul Jannah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Feedback on Instruction terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif pada peserta didik kelas X SMAN 02 Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eskperimen dengan desain nonequaivalent kontrol group. Adapun populasi penelitian ini yakni seluruh kelas X SMAN 02 Batu yang terdiri dari 8 kelas tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri dari 2 (dua) kelas yang ditentukan melalui teknik random sampling. Kelas kontrol (X-1) dengan jumlah 35 peserta didik dengan pemberian perlakuan berupa model PBL. Kelas eksperimen (X-2) dengan jumlah 35 peserta didik dengan pemberian perlakuan berupa berupa model PBL berbantuan feedback on instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan kolaborasi peserta didik menggunakan lembar observasi di awal dan akhir penelitian pada kedua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan tes ranah kognitif bentuk uraian yang dilakukan di awal dan akhir penelitian pada kedua kelas. Keseluruhan data dianalisis secara statistik dengan uji hipotesis (ANAKOVA) yang telah dilakukan uji prasyarat menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan feedback on instruction terhadap keterampilan kolaborasi dengan skor 0.000. Terdapat pengaruh model PBL berbantuan feedback on instruction terhadap hasil belajar kognitif dengan skor 0.000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311785

Actions (login required)

View Item View Item