Ridha, Rasyid Ridha (2024) Pengembangan media pembelajaran educandy berbasis game based learning untuk melatih literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas x sma islam almaarif singosari pada materi perubahan lingkungan / RASYID RIDHA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan media Educandy bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Educandy berbasis Game Based Learning untuk melatih literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Islam Almaarif Singosari pada materi perubahan lingkungan. Jenis dari penelitian pengembangan media Educandy adalah Research and Development menggunakan model Lee amp Owens (Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi) yang terbatas tanpa Implementasi. Hasil validasi media Educandy menunukkan validitas media sebesar 100% termasuk kriteria sangat valid validitas materi sebesar 100% setelah dilakukan revisi dengan kriteria sangat valid dan validasi oleh praktisi pendidikan biologi sebesar 92 6%. Validasi perangkat pembelajaran meliputi ATP sebesar 97 1% Modul Ajar sebesar 96 2% dan soal sebesar 95% dengan keseluruhan kriteria sangat valid. Hasil Uji kepraktisan media Educandy meliputi One-to-One Trial sebesar 89 16% Small Group Trial sebesar 91 53% dan Field Trial sebesar 86% dengan keseluruhan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan media pembelajaran Educandy berbasis Game Based Learning yang valid dan praktis untuk melatih literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa. Literasi informasi diukur menggunakan rubrik literasi informasi dan menghasilkan skor sebesar 91 27%. Hasil Belajar Kognitif diukur menggunakan hasil post-test dan menghasilkan rerata nilai sebesar 76 61.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311784 |
Actions (login required)
View Item |