Analisis faktor-faktor yang menentukan preferensi belanja online oleh konsumen pada produk fashion (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang) / Aprian Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang menentukan preferensi belanja online oleh konsumen pada produk fashion (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang) / Aprian Ramadhani

Ramadhani, Aprian (2011) Analisis faktor-faktor yang menentukan preferensi belanja online oleh konsumen pada produk fashion (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang) / Aprian Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Faktor Preferensi Belanja Online Produk Fashion. Internet perlahan-lahan telah menggeser budaya pembelian produk dari cara konvensional menjadi lebih praktis dan modern melalui suatu cara yang disebut sebagai belanja online (online shopping) tak terkecuali pada produk fashion. Produk fashion yang meliputi berbagai produk seperti pakaian sepatu tas dan berbagai aksesoris lainnya sudah sering dijumpai di layar monitor komputer pribadi setiap orang yang mengakses internet yang memungkinkan seseorang untuk tertarik membeli produk fashion secara online. Ketertarikan seseorang dalam berbelanja produk fashion secara online tersebut dapat ditentukan oleh faktor-faktor yang meliputi harga pelayanan waktu dan alternatif yang pada akhirnya menimbulkan suatu kegiatan transaksi jual beli melalui internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabelvariabel yang meliputi faktor harga (X1) pelayanan (X2) waktu (X3) dan alternatif (X4) menentukan preferensi belanja online produk fashion serta untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan diantara keempat faktor tersebut dalam menentukan preferensi belanja online produk fashion. Tidak ada variabel bebas maupun variabel terikat dalam penelitian ini tetapi variabel satu dengan yang lainnya saling berketergantungan (interdependent variable). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi yang dipilih adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang pernah berbelanja produk fashion secara online sebanyak 180 responden. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan metode accidental sampling dan metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil analisis yang didapat dari penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa (1) Harga pelayanan waktu dan alternatif merupakan faktor-faktor yang menentukan preferensi belanja online produk fashion (2) Waktu merupakan faktor yang paling dominan dalam menentukan preferensi belanja online produk fashion. Saran yang dapat direkomendasikan terkait hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Melihat waktu merupakan faktor paling dominan hendaknya penjual online harus memperhatikan jumlah waktu yang dibutuhkan konsumen selama proses transaksi (2) Penjual online harus memperhatikan tingkat harga yang masuk akal meningkatkan pelayanan serta ragam pilihan produk (3) Konsumen harus lebih selektif memperhatikan dan memahami secara cermat mengenai informasi yang diberikan penjual sebelum berbelanja online (4) Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan analisis kausal terhadap penelitian ini atau dengan memperluas variabel maupun pengembangan indikator serta item lain yang diduga juga sebagai faktor yang menentukan preferensi belanja online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31177

Actions (login required)

View Item View Item