Kepercayaan sebagai pemediasi gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja (studi pada Hotel Pelangi Malang) / Widya Tri Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepercayaan sebagai pemediasi gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja (studi pada Hotel Pelangi Malang) / Widya Tri Purnamasari

Purnamasari, Widya Tri (2011) Kepercayaan sebagai pemediasi gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja (studi pada Hotel Pelangi Malang) / Widya Tri Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepercayaan dan Kepuasan Kerja. Kepemimpinan memerankan peranan yang sangat dominan sebagai penentu suatu keberhasilan organisasi atau perusahaan. Dalam menjalankan kepemimpinannya seorang pemimpin tentu mempunyai sifat kebiasaan watak dan kepribadian yang berbeda-beda. Perbedaan karakter ini tentu akan berpengaruh juga terhadap gaya kepemimpinan dalam memimpin suatu perusahaan. Gaya kepemimpinan ini akan berpengaruh juga terhadap kepercayaan karyawan. Kepercayaan merupakan suatu hal sangat penting karyawan yang percaya kepada pimpinan mereka akan merasakan kenyamanan kerja sehingga terwujudnya suasana dan lingkungan kerja yang kondusif. Pada akhirnya akan tercapai suatu kepuasan kerja yang akan meningkatkan proses kerja yang lebih efektif sehingga dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku kepemimpinan transformasioanal terhadap kepuasan kerja pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional terhadap kepercayaan kepada pemimpin pengaruh kepercayaan kepada pemimpin terhadap kepuasan kerja serta peran mediasi kepercayaan kepada pemimpin dalam pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional kepada kepuasan kerja karyawan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Pelangi Malang yang berjumlah 77 orang karyawan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampel. Berdasarkan teknik sampling yang digunakan sampel penelitian yang diambil dari karyawan Hotel Pelangi yang berjumlah 77 orang adalah 65 pada kelonggaran ketidaktelitian (e) sebesar 5%. Hasil penelitian ini dapat diketahui (1) Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Hotel Pelangi Malang (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada Hotel Pelangi Malang (3) Terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pada Hotel Pelangi Malang. (4) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan lebih besar daripada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja secara tidak langsung pada Hotel Pelangi Malang. Saran bagi Hotel Pelangi Pimpinan perusahaan sebaiknya dapat menyesuaikan perilakunya atau gaya kepemimpinannya dengan faktor-faktor situasional karena tidak ada gaya kepemimpinan yang efektif untuk semua situasi atau kondisi. Agar karyawan merasakan kepuasan kerja tentunya perusahaan sebaiknya menyediakan memenuhi dan memelihara secara terus-menerus faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawannya. Langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan adalah dengan memberikan tanggung jawab memberikan kesempatan yang sama pada seluruh karyawan untuk dipromosikan besarnya gaji harus sesuai dengan beban kerja karyawan menciptakan hubungan yang harmonis antara karyawan dengan karyawan lainnya dan karyawan dengan perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

View Item View Item