Prediksi niat nasabah bank untuk menolak dalam menggunakan internet banking pada Bank Mandiri Kediri berdasarkan perspektif TTA (Theory of Technology Acceptance) / Mochamad Afrizal Permana

Permana, Mochamad Afrizal (2011) Prediksi niat nasabah bank untuk menolak dalam menggunakan internet banking pada Bank Mandiri Kediri berdasarkan perspektif TTA (Theory of Technology Acceptance) / Mochamad Afrizal Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Kemudahan, kemanfaatan, sikap dan niat Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk mengetahui peranan variabel-variabel dalam konsep Theory Of Technology Acceptance yaitu: Kemanfaatan, Kemudahan, Sikap terhadap Niat dalam menolak atau menggunakan Internet Banking baik secara langsung maupun tidak langsung, dan secara parsial maupun simultan, (2) untuk mengetahui dan menganalisis variabel dari Theory Of Technology Acceptance (sikap, kemanfaatan, kemudahan) yang dominan pengaruhnya terhadap Niat dalam menolak atau menggunakan Internet Banking pada nasabah Bank Mandiri kota Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan tiga jenis variabel yaitu variabel Independent (bebas), variabel Dependent (terikat), dan variable Intervening, dimana variabel terikat adalah Niat (BI) atau Y, variabel bebasnya adalah kemanfaatan (U) atau X1 dan kemudahan (EOU) atau X2 dan variable Intervening adalah Sikap (A) atau Z. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling sedangkan penentuan banyaknya sampel dalam populasi ditentukan dengan menggunakan pendekatan Davis dan Cosenza. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), dan metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reabilitas, analisa regresi linier berganda, uji F, uji t. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis regresi linier berganda bahwa variabel yang mempunyai pengaruh langsung yang paling besar terhadap niat menolak menggunakan Internet banking adalah variabel Kemanfaatan yaitu dengan kontribusi sebesar 0,569. Dan variabel Intervening sikap (Z) mampu mengangkat besaran pengaruh kemudahan tidak langsung sebesar 0,94; dimana sebelumnya kemudahan tidak mampu untuk mempengaruhi variabel niat secara langsung. Berdasarkan pengujian secara bersama-sama di ketahui Fhitung menunjukkan nilai sebesar 25,732 > Ftabel 2,70 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. artinya bahwa secara bersama ÔÇô sama variabel kemanfaatan (X1), kemudahan (X2), dan sikap (Z) berpengaruh signifikan terhadap Niat (Y). Dari nilai Adjusted R Square menunujkkan nilai sebesar 0,428 atau 42,8%. Artinya bahwa variabel Kemanfaatan dan kemudahan dalam mempengaruhi sikap dalam menolak atau menggunakan Internet Banking sebesar 42,8 % dan sisanya sebesar 57,2 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31170

Actions (login required)

View Item View Item