Pengaruh citra produk terhadap proses keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor yamaha (Studi pada pelanggan Dealer UD. Surya Mas Motor Jombang) / Nindyo Kumoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh citra produk terhadap proses keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor yamaha (Studi pada pelanggan Dealer UD. Surya Mas Motor Jombang) / Nindyo Kumoro

Kumoro, Nindyo (2011) Pengaruh citra produk terhadap proses keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor yamaha (Studi pada pelanggan Dealer UD. Surya Mas Motor Jombang) / Nindyo Kumoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Citra Produk Proses Keputusan Pembelian. Citra merupakan suatu hal yang penting diperhatikan oleh perusahaan apabila perusahaan memiliki citra yang baik maka produk dari perusahaan tersebut akan dapat pula diterima dengan baik dipasaran. Demikian halnya dengan citra yang dimiliki oleh produk yang dihasilkan apabila produk sebelumnya memiliki citra yang baik maka pada peluncuran produk berikutnya kemungkinan besar akan mendapat sambutan yang baik pula bagi konsumen. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh citra produk terhadap proses keputusan pembelian sepeda motor pada UD. Surya Mas Motor Jombang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lima variabel bebas dan satu variabel terikat variabel bebas terdiri atas Desain Warna Kualitas Jaminan dan pelayanan. Sedangkan variabel terikatnya adalah Proses keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor Yamaha pada UD. Surya Mas Motor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Acidental sampling. Dalam penelitian jumlah sampel yang menggunakan rumus Slovin dengan hasil 94 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) 1 dari desain produk adalah sebesar 0 426 nilai thitung 3 091 dan signifikan pada level 0 003. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara desain produk terhadap pengambilan keputusan pembelian karena thitung ttabel yaitu 3 091 1 987. (2) 946 2 dari warna adalah sebesar 0 584 nilai thitung 3 326 dan signifikan pada level 0 001. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara warna terhadap proses keputusan pembelian karena thitung ttabel yaitu 3 326 1 987. (3) 946 3 dari kualitas produk adalah sebesar 0 803 nilai thitung 4 132 dan signifikan pada level 0 000. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian thitung ttabel yaitu 4 132 1 987. (4) 946 4 dari jaminan adalah sebesar 0 524 nilai thitung 3 223 dan signifikan pada level 0 002. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara jaminan terhadap proses keputusan pembelian thitung ttabel yaitu 3 223 1 987. (5) 946 5 dari pelayanan adalah sebesar 0 668 nilai thitung 3 166 dan signifikan pada level 0 002. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara jaminan terhadap proses keputusan pembelian thitung ttabel yaitu 3 166 1 987. Berdasarkan hasil uji F yang diperoleh nilai Fhitung sebesar 37 225 Ftabel sebesar 2 318 dengan signifikan pada level 0 000 hal ini menunjukan bahwa secara simultan kelima variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh atau dominan dalam penelitian ini adalah X3 kualitas produk. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian yaitu secara parsial ada pengaruh positif dan signifikan antara citra produk (desain produk warna produk kualitas produk jaminan produk pelayanan) maupun bersama - sama terhadap proses keputusan pembelian telah terbukti. Sedangkan saran yang bisa dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah sebagai berikut (1) Citra produk hendaknya diperhatikan terutama adalah faktor kualitas produk yang memiliki sumbangan efektif tertinggi atau mempunyai pengaruh paling besar pada proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. (2) Lebih meningkatkan citra produk untuk lebih meyakinkan konsumen agar bisa memberikan persepsi bahwa motor Yamaha adalah bagus atau baik. (3) Untuk penelitian selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan pembanding dengan perusahaan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31162

Actions (login required)

View Item View Item