Zahra, Nada Alfi Zahra (2024) Pengembangan media pembelajaran etnosains pada materi asam basa untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Nada Alfi Zahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan media pembelajaran tidak menarik pada materi asam basa mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan media pembelajaran etnosains pada materi asam basa dan mengkaji keefektifan media pembelajaran etnosains pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE dan implementasikan pada kelas XI SMA Swasta di Malang menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen pengumpulan data berupa angket angket validasi ahli media angket validasi ahli materi angket validasi guru angket keterbacaan siswa angket validasi soal dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase kelayakan uji validasi ahli media sebesar 93 11% validasi ahli materi sebesar 90 83% validasi guru 88 34% serta validasi soal sebesar 93 64% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan siswa diperoleh persentase sebesar 86 52% dengan kriteria mudah dipahami serta penggunaan media pembelajaran etnosains berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa serta didapatkan skor N-gain 0 630 dengan kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311606 |
Actions (login required)
View Item |