Peran orangtua dalam membantu pembelajaran anak di rumah: studi kasus partisipasi orangtua sebagai "Guru Ke-2" dalam program hubungan sekolah dengan orangtua / Anik Riyani

Anik Riyani (2009) Peran orangtua dalam membantu pembelajaran anak di rumah: studi kasus partisipasi orangtua sebagai "Guru Ke-2" dalam program hubungan sekolah dengan orangtua / Anik Riyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang secara formal memiliki peran penting bagi pembinaan generasi muda, khususnya bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Orangtua peserta didik merupakan pemberi pendidikan yang pertama dan utama yang pengaruhnya sangat besar terhadap pembinaan dan pengembangan pribadi peserta didik. Hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat dirasakan penting pada masyarakat yang telah menyadari dan memahami akan pentingnya pendidikan bagi anak. Masyarakat yang dimaksud bisa masyarakat orangtua siswa, masyarakat terorganisasi, atau masyarakat secara luas. Pentingnya peranan orangtua dalam pendidikan anak telah disadari oleh banyak pihak, kebijakan manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam reformasi pendidikan menempatkan peranan orangtua sebagai salah satu dari 3 pilar keberhasilannya. Peran orangtua dalam manajemen berbasis sekolah tidak hanya sebatas kerjasama dalam membantu menyukseskan program-program di sekolah akan tetapi juga dalam proses belajar-mengajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fokus penelitian yaitu peran orangtua dalam membantu pembelajaran anak di rumah: studi kasus partisipasi orangtua sebagai ÔÇ£guru ke-2ÔÇØ dalam program hubungan sekolah dengan orangtua. Deskripsi fokus penelitian dipilah menjadi empat, yaitu (1) program hubungan sekolah dengan orangtua; (2) karakteristik lingkungan belajar anak; (3) peran orangtua dan partisipasinya dalam pembelajaran anak di rumah; dan (4) cara partisipasi orangtua dalam berperan sebagai ÔÇ£guru ke-2ÔÇØ dalam proses pembelajaran anak di rumah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data yang diperoleh berupa informasi yang terkait dengan fokus penelitian yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara mendalam dengan informan melalui pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan (1) ketekunan/keajegan pengamatan, dan (2) teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) pemberkasan, (2) peringkasan, (3) pengkodean, (4) pengelompokan, dan (5) penyimpulan. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) program hubungan sekolah dengan orangtua hanya sebatas orangtua menjadi anggota dalam perkumpulan yang ada di sekolah; (2) karakteristik lingkungan belajar anak kondisional sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing keluarga; (3) peran orangtua dalam pembelajaran anak adalah sebagai: pendidik (second teacher), pembimbing (problem solver), penyedia fasilitas (provider), dan sebagai teladan atau model; dan (4) cara partisipasi orangtua dalam berperan sebagai ÔÇ£guru ke-2ÔÇØ dalam proses pembelajaran anak adalah orangtua menunggu dan membimbing aktivitas belajar anak, menjelaskan langkah-langkah dalam belajar, menerangkan hal-hal yang tidak dimengerti, mencarikan jawaban bahkan sampai ikut mengerjakan tugas-tugasnya. Dari hasil temuan penelitian disarankan sebagai berikut: Bagi kepala sekolah berdasarkan dari hasil penelitian bahwa peran orangtua dalam pembelajaran anak sangat besar, maka diharapkan kepala sekolah agar terus meningkatkan kerjasama dengan orangtua dalam bidang yang lebih luas tidak hanya melalui perkumpulan yang ada di sekolah melainkan juga dalam bidang proses belajar-mengajar. Bagi guru diharapkan lebih meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan orangtua siswa dengan memberikan informasi kepada orangtua tentang anaknya berkaitan dengan segi-segi positif dan negatif secara lisan ataupun tertulis melalui buku kerja siswa. Bagi orangtua diharapkan lebih meningkatkan perannya sebagai pendidik (second teacher) terutama menyediakan tempat untuk belajar yang memadai, membantu dalam pemecahan masalah yang dihadapi anak, dan memberitahukan cara mengatur jadual belajar anak. Bagi jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih memperkaya kajian teori tentang manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat khususnya orangtua. Bagi peneliti lain, karena penelitian ini terbatas pada siswa kelas rendah dan berprestasi baik maka diharapkan peneliti lain untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang peran dan partisipasi orangtua dalam pembelajaran anak di rumah pada kelas tinggi atau pada siswa yang tidak didampingi oleh orangtua, agar dapat diketahui seberapa jauh peran dan partisipasi orangtua dalam pembelajaran anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item