Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (Studi pada karyawan Lotus Garden Hotel & Restaurant Kediri) / Ekanis Anggarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (Studi pada karyawan Lotus Garden Hotel & Restaurant Kediri) / Ekanis Anggarini

Anggarini, Ekanis (2011) Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (Studi pada karyawan Lotus Garden Hotel & Restaurant Kediri) / Ekanis Anggarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Budaya Organisasi Kepuasan Kerja Komitmen Organisasi Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari seseorang tidak terlepas dari ikatan budaya yang diciptakan. Ikatan budaya tercipta oleh masyarakat yang bersangkutan baik dalam keluarga organisasi bisnis maupun bangsa. Budaya mengikat anggota kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan pandangan yang menciptakan keseragaman berperilaku atau bertindak. Budaya organisasi yang ada dalam perusahaan akan menjadi dasar karyawan untuk bekerja budaya organisasi tersebut akan mempengaruhi perilaku individu dalam bekerja. Budaya organisasi juga dapat menumbuhkan komitmen bagi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Budaya organisasi juga menjadi mekanisme kontrol yang memberikan bimbingan dan membentuk sikap dan perilaku dari karyawan Sikap yang dibentuk oleh budaya organisasi erat kaitannya dengan kepuasan kerja tingkat kepuasan yang tinggi menunjukkan sikap positif terhadap pekerjaanya sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan di Lotus Garden Hotel Restaurant Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di Lotus Garden Hotel Restaurant Kediri pada bulan Juni sampai dengan Juli 2011. Subjek dalam penelitian ini adalah keryawan Lotus Garden Hotel Restaurant Kediri yang berjumlah 110 orang. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 86 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis data yang dipakai adalah analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Tujuan dari analisis jalur adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Dalam penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu budaya organisasi (X) variabel interfening yaitu kepuasan kerja (X) dan variabel terikat yaitu komitmen organisasi (Y). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS 17.00 for windows. Data yang diperoleh dengan menggunakan beberapa cara antara lain angket atau kuesioner wawancara atau interview dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat diketahui (1) ada pengaruh langsung yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (2) ada pengaruh langsung yang signifikan antara budaya organisasi terhadap komitmen organisasi (3) ada pengaruh langsung yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi (4) pengaruh tidak langsung tidak langsung antara budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan Lotus Garden Hotel Restaurant Kediri. ii Saran dari penelitian ini adalah (1) agar para karyawan memahami budaya organisasi kareana sangat besar sekali manfaatnya untuk meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan kepada tamu hotel (2) Agar terjalin hubungan yang harmonis dan semangat kebersaman diantara karyawan dan pimpinan hotel sebaiknya secara berkala diadakan kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan seperti rekreasi atau outbond (3) sebaiknya pimpinan Lotus Garden Hotel Restaurant selalu berupaya meningkatkan kepuasan kerja karyawannya dan harus tetap dipertahankan karena terbukti sangat berpengaruh terhadap komitmen karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31159

Actions (login required)

View Item View Item