Pengaruh media pembelajaran augmented reality pada pembelajaran berbasis masalah (pbl) materi larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu-isu sosiosaintifik terhadap hasil belajar siswa sma / Safira Daffa\' Zahrani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran augmented reality pada pembelajaran berbasis masalah (pbl) materi larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu-isu sosiosaintifik terhadap hasil belajar siswa sma / Safira Daffa\' Zahrani

Zahrani, Safira Daffa' Zahrani (2024) Pengaruh media pembelajaran augmented reality pada pembelajaran berbasis masalah (pbl) materi larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu-isu sosiosaintifik terhadap hasil belajar siswa sma / Safira Daffa\' Zahrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu indikator penting yang menunjukkan keberhasilan pendidikan adalah hasil belajar siswa. Beberapa hal yang berdampak pada pencapaian akademis siswa meliputi alat bantu belajar serta materi yang sukar untuk dipahami. Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sangat sulit dipahami karena memiliki tiga elemen inti yaitu aspek yang dapat dapat dilihat oleh indra (makroskopis) tidak dapat dilihat oleh indra (submikroskopis) dan membentuk lambang atau simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran augmented reality dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo. Sampel dipilih secara random dengan X MIPA 1 kelas kontrol dan X MIPA 2 kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan model pretest-posttest control group design. Analisis data dilakukan menggunakan uji t (one tailed) dengan taraf signifikasi 0 025 dan uji N-gain. Analisis uji t didapatkan hasil t-hitung sebesar 5 83 dengan t-tabel sebesar 2 01 yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran augmented reality (kelas eksperimen) lebih unggul daripada pencapaian belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran augmented reality (kelas kontrol) dengan nilai rerata pada kelas kontrol sebesar 78 08 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 89 68. Uji N-gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran augmented reality pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu-isu sosiosaintifik yaitu sebesar 0 79 termasuk pada kriteria tinggi. Dari hasil analisis tersebut didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran augmented reality pada pembelajaran berbasis masalah (PBL) materi larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu-isu sosiosaintifik mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311581

Actions (login required)

View Item View Item