Pengaruh atmosfir toko (Sture Atmosphere) terhadap pembelian ulang (Repeat purchase) (Studi pada konsumen Matahari Departement Store MATOS) / Agus Nuruz Zaman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atmosfir toko (Sture Atmosphere) terhadap pembelian ulang (Repeat purchase) (Studi pada konsumen Matahari Departement Store MATOS) / Agus Nuruz Zaman

Zaman, Agus Nuruz (2011) Pengaruh atmosfir toko (Sture Atmosphere) terhadap pembelian ulang (Repeat purchase) (Studi pada konsumen Matahari Departement Store MATOS) / Agus Nuruz Zaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Atmosfir toko keputusan pembelian ulang Perkembangan usaha eceran saat ini berkembang dengan pesat hal ini menyebabkan persaingan yang semakin kompetitif khususnya bisnis retail yang bergerak dibidang fashion. Hal ini dikarenakan semakin banyak jenis bisnis yang bergerak di bidang yang sama misalnya butik distro dan factory outlet di kota Malang misalnya terdapat puluhan bahkan ratusan bisnis yang bergerak di bidang fashion diantaranya yang cukup familiar di telinga kita adalah Trenz insipird Bandung sport no way out revolver Ramayana Department Store Matahari Department Store dan lain-lain. Untuk dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian ulang salah satunya dapat dilakukan dengan kreatifitas penciptaan suasana (Atmosphere) yang menyenangkan dan menarik di dalam toko. Berdasarkan penjelasan tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Atmosfir Toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran keadaan atmosfir toko store atmosphere terhadap pembelian ulang (2) Pengaruh faktor desain terhadap pembelian ulang (3) Pengaruh faktor sosial terhadap pembelian ulang (4) Pengaruh faktor ambien terhadap pembelian ulang (5) Pengaruh atmosfir toko secara simultan terhadap pembelian ulang (6) Atmosfir toko manakah yang memiliki kontribusi paling tinggi dalam mempengaruhi pembelian ulang konsumen. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 73 orang konsumen dengan menggunakan rumus Daniel Terrel. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 Version. Hasil penelitian ini adalah (1) 44 responden (60 27%) menyatakan setuju bahwa faktor desain mempengaruhi keputusan pembelian ulang konsumen (2) 36 responden (49 32%) menyatakan setuju bahwa faktor sosial mempengaruhi keputusan pembelian ulang konsumen (3) 42 responden (57 53%) menyatakan setuju bahwa faktor ambien mempengaruhi keputusan pembelian ulang konsumen. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa variabel Amosfir Toko (X) yakni Faktor Desain (X1) dan Faktor Sosial (X2) secara parsial tidak mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Sedangkan Faktor Ambien (X3) mempunyai pengaruh positif yang signifikan. Adanya pengaruh tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi dari uji t dari masing-masing variabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31156

Actions (login required)

View Item View Item