Pengembanagan website sebagai e-modul pada pokok bahasan sistem periodik unsur / Mafelinda Yuliadita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembanagan website sebagai e-modul pada pokok bahasan sistem periodik unsur / Mafelinda Yuliadita

Yuliadita, Mafelinda Yuliadita (2022) Pengembanagan website sebagai e-modul pada pokok bahasan sistem periodik unsur / Mafelinda Yuliadita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena pesatnya penggunaan teknologi informasi. Masalah yang dihadapi oleh guru kimia SMA negeri 1 Kesesi yaitu kurangnya media yang disediakan oleh sekolah Selain itu media yang digunakan pun monoton sehingga nilai kimia siswa menjadi rendah. Guru kesulitan menjelaskan materi kimia kepada siswa karena tiga tahun kebelakang ini semua pembelajaran dilakukan secara online. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa e-modul 2) mengetahui validitas materi dan desain dari media hasil pengembangan 3) mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesesi pada penggunaan media hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analyze Design Development Implementation Evaluate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri Kesesi sebanyak 25 siswa. Produk pengembangan berupa e-modul berbasis website yang menyajikan materi video pembelajaran dan latihan soal. Hasil penelitian ini adalah e-modul dengan spesifikasi hasil validasi produk menunjukkan bahwa e-modul berbasis website layak digunakan dengan persentase 80 33% (Valid) pada validasi desain media dan 80 21% (Valid) pada validasi materi. Penilaian siswa terhadap media e-modul berbasis website diperoleh persentase sebesar 84 47% (Valid). Pada tahap implementasi dihasilkan rata-rata nilai pre test 72 6 dan nilai post test 98 4. Dari hasil uji t disimpulkan bahwa e-modul hasil pengembangan dapat meningkatkan nilai siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311537

Actions (login required)

View Item View Item