Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pembelajaran tematik studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang II / Muiz Zahwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pembelajaran tematik studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang II / Muiz Zahwan

Muiz Zahwan (2009) Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pembelajaran tematik studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang II / Muiz Zahwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peran dan pengaruh yang cukup besar di dalam kehidupan sekolah walaupun kepala sekolah bukan merupakan seorang pemimpin yang memiliki kekuasaan mutlak dalam lingkungan sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pembelajaran tematik yang secara langsung dengan meningkatkan kemampuan para guru agar dapat mewujudkan tujuan pengembangan pembelajaran tematik tidak terlepas dari persepsi kepala sekolah terhadap pembelajaran tematik peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pembelajaran tematik faktor penghambat dan cara penyelesaiannya serta faktor pendukung dan pendayagunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan persepsi kepala sekolah terhadap pembelajaran tematik peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pembelajaran tematik faktor penghambat dan cara penyelesaiannya serta faktor pendukung dan pendayagunaannya. Penelitian ini dilakukan di MIN Malang II sebagai salah satu madrasah berstatus negeri dan setingkat sekolah dasar di kota Malang yang pernah meraih prestasi di bidang akademis dan non akademis di tingkat kecamatan kota/kabupaten Malang dan tingkat propinsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan landasan berpikir fenomenologis. Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Persepsi kepala madrasah terhadap pembelajaran tematik dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan dari pembelajaran sebelumnya dan ada kelebihan yang akan didapat dari pelaksanaan dan pengembangan pembelajaran tematik. Peran kepala madrasah dalam pengembangan pembelajaran tematik adalah (1) mengarahkan dan membimbing guru dalam menyusun silabus dan RPP (2) mengikutkan guru dalam diklat (3) memberikan buku-buku tematik kepada guru dan (4) mensosialisasikan pembelajaran tematik kepada orang tua. Faktor-faktor penghambat dan cara mengatasi dalam pengembangan pembelajaran tematik di MIN Malang II yaitu a) minimnya buku-buku pembelajaran tematik b) pemahaman dan kemampuan guru tentang pembelajaran tematik masih rendah dan c) kurangnya pemahaman orang tua terhadap pembelajaran tematik. Cara mengatasi yaitu dengan a) menggunakan buku yang ada b) mengupayakan buku pembelajaran tematik guru mengembangkan buku ajar sendiri c) mengikutsertakan guru dalam pelatihan d) mengaktifkan KKG e) membimbing dan memantau guru dan f) mensosialisasikan pembelajaran tematik kepada orang tua siswa. Faktor-faktor pendukung yang ada yaitu a) madrasah memiliki kurikulum yang sudah siap digunakan untuk tiap semester b) banyaknya diklat-diklat pembelajaran tematik c) masih aktifnya KKG dan d) dukungan penuh dari para guru. Faktor-faktor pendukung didayagunakan sebagai berikut a) penggunaan kurikulum yang tesedia b) mengikuti diklat pembelajaran tematik c) mengoptimalkan KKG untuk diskusi dan perbaikan kinerja guru dan d) dukungan dari guru untuk memotivasi dan menyatukan pendapat. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah agar selalu berusaha meningkatkan kompetensi dan kemampuan mereka agar dapat menjadi pemimpin pendidikan yang profesional. Diharapkan para guru pengajar tematik di MIN Malang II sebagai madrasah ibtidiyah negeri dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam pembelajaran tematik dengan tetap mempertimbangkan karakteristik dan potensi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item