Pengaruh kualitas layanan jasa terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Kota Batu / C. Putro Asmoro Yanuari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan jasa terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Kota Batu / C. Putro Asmoro Yanuari

Yanuari, C. Putro Asmoro (2011) Pengaruh kualitas layanan jasa terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Kota Batu / C. Putro Asmoro Yanuari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kualitas Layanan Loyalitas Pengunjung Dalam suatu perusahaan jasa pariwisata konsumen menjadi hal yang penting karena perusahaan tidak akan berarti tanpa adanya konsumen (pelanggan) Dalam hal ini konsumen merupakan fokus utama dalam bahasan mengenai kualitas layanan. Dengan memberikan kualitas layanan yang baik maka hal ini menunjukkan bahwa penyedia jasa mengutamakan keunggulan jasa yang merupakan ciri khas dari produk tersebut sehingga pada akhirnya bisa mencapai kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi kualitas layanan (tangibles reliability responsiveness assurance dan emphaty) dan loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Batu. (2) Pengaruh tangibles reliability responsiveness assurance dan emphaty secara parsial terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Batu (3) Pengaruh tangibles reliability responsiveness assurance dan emphaty secara simultan terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Batu (4) Dimensi kualitas layanan yang dominan pengaruhnya terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Batu.. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung obyek wisata Jatim Park dan tidak bisa ditentukan jumlahnya atau tidak terbatas serta diperoleh sampel sebesar 100 responden dengan menggunakan teknik sampling aksidental. Peneliti menggunakan kuesioner dengan skala Likert (sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju sangat tidak setuju) sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik regresi linier berganda uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1). Deskripsi kualitas layanan dan loyalitas pengunjung antara lain (a). Tangibles yang dimiliki oleh obyek wisata Jatim Park Batu sudah baik. Hal tersebut tampak dari 69% responden menjawab setuju. (b). Reliability yang dimiliki oleh obyek wisata Jatim Park sangat baik. Hal ini tampak dari 41% responden menjawab sangat setuju. (c). Responsiveness yang dimiliki obyek wisata Jatim Park sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari 72% responden menjawab setuju. (d). Assurance yang dimiliki obyek wisata Jatim Park sudah baik. Hal ini dapat terlihat dari71% responden menjawab setuju. (e). Emphaty yang dimiliki obyek wisata Jatim Park sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari 58% responden menjawab setuju. (f). Loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park sudah baik. Hal tersebut tampak dari 45% responden menjawab setuju terhadap item-item pertanyaan yang berkaitan dengan variabel loyalitas pengunjung diantaranya sering berkunjung (kurang lebih 3 kali) merekomendasikan pengunjung lain agar berkunjung tidak mudah terpengaruh untuk pindah ke obyek wisata lain serta tidak terlalu sensitif terhadap harga. (2) Pengaruh kualitas layanan secara parsial terhadap loyalitas pengunjung obyek wisata Jatim Park Batu antara lain (a). Tangibles berpengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal tersebut tampak dari nilai signifikansi t 0 026 0 05. (b). Reliability berpengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas pengunjun. Hal tersebut tampak dari nilai signifikansi t 0 003 0 05. (c). Responsiveness berpengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal tersebut tampak dari nilai signifikansi t 0 022 0 05. (d). Assurance berpengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal tersebut tampak dari nilai signifikansi t 0 011 0 05. (e). Emphaty berpengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal tersebut tampak dari nilai signifikansi t 0 008 0 05. (3) Variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal tersebut tampak dari nilai signifikansi F 0 000 0 05. (4) Berdasarkan sumbangan efektif (SE) dapat diketahui nilai kofisien beta paling besar adalah variabel reliability yaitu 0 245 jadi dapat disimpulkan bahwa variabel reliability memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pengunjung. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah (1) Untuk pemilik Jatim Park melihat ketatnya persaingan dalam bidang jasa khususnya tempat wisata maka pemilik tetap menjaga konsistensi bukti langsung keandalan daya tanggap jaminan dan perhatian yang tulus dengan tetap menjaga keunggulan perusahaan. Dengan kualitas layanan yang baik dan dapat diterima oleh pengunjung maka dapat menjaga loyalitas pengunjung sehingga tetap setia berkunjung. (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi loyalitas pengunjung selain variabel yang diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31149

Actions (login required)

View Item View Item