Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi kasus pada hotel Pelangi Malang) / Setyoningrum MR. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi kasus pada hotel Pelangi Malang) / Setyoningrum MR.

Setyoningrum MR. (2011) Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi kasus pada hotel Pelangi Malang) / Setyoningrum MR. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Budaya Organisasi Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja SDM merupakan faktor kunci dalam organisasi oleh karena itu karyawan berhak mendapat imbalan atas konstribusinya baik materi maupun non materi. Salah satunya kepuasan kerja apabila kepuasan kerja yang dirasakan karyawan semakin tinggi menunjukan sikap positif terhadap pekerjaannya begitu juga sebaliknya. Dengan tingginya kepuasan kerja maka perusahaan dapat mengelola budaya organisasi dengan baik. Budaya organisasi dan kepuasaan kerja merupakan dua komponen yang mempengaruhi kesuksesan tercapainya tujuan organisasi yang pada akhirnya menciptkan komitmen organisasi yang kuat pada karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara (1) budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (2) budaya organisasi terhadap komitmen organisasi (3) kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan (4) budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja.Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianExplanatory research.Populasi yang dipilih adalah karyawan Hotel Pelangi Malang sejumlah77 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan hasil sampel sejumlah65 responden dan metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) Hasil analisis menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan Hotel Pelangi Malang sebesar 0 657 (2). Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara budaya organisasi terhadap komitmen organisasi karyawan Hotel Pelangi Malang sebesar 0 360 (3). Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan Hotel Pelangi Malang sebesar 0 273 (4). Terdapat pengaruh secara tidak langsung budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 0 179. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Agar karyawan merasakan kepuasan kerja tentunya perusahaan sebaiknya menyediakan memenuhi dan memelihara secara terus-menerus faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawannya seperti gaji dan jenjang karir yang menjanjikan. Kesemuanya itu apabila dilakukan akan menciptakan kepuasan kerja dan pada gilirannya akan mempengaruhi komitmen para karyawan (2) Untuk meningkatkan komitmen organisasi karyawan perusahaan harus menumbuhkan rasa identifikasi keterlibatan dan loyalitas para karyawanterhadap organisasi.Kondisi kerja merupakan faktor utama yang mempengaruhi komitmen organisasi karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31146

Actions (login required)

View Item View Item