Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja melalui pemberdayaan karyawan (studi pada karyawan Jawa Timur Park Batu) / Rahma Dani Andri Astutik

Astutik, Rahmah Dani Andri (2011) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja melalui pemberdayaan karyawan (studi pada karyawan Jawa Timur Park Batu) / Rahma Dani Andri Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Pemberdayaan Karyawan, Stres Kerja. Adanya perubahan lingkungan organisasi yang semakin kompleks dan kompetitif, mensyaratkan perusahaan untuk bersikap lebih responsif agar bisa tetap bertahan. Dunia perusahaan sebagai sebuah organisasi harus mampu mencapai tujuan yang direncanakan untuk dapat memenuhi tuntutan pembangunan dan kemajuan teknologi pada masa sekarang. Oleh karena itu kualitas dari sebuah organisasi harus benar-benar diperhatikan. Hal tersebut biasanya terwujud dalam upaya peningkatan kualitas karyawan dan pengaturan manajemen organisasi. Peningkatan kualitas karyawan itu penting karena kemajuan suatu organisasi tidak hanya bergantung dari teknologi mesin, tetapi faktor manusia memegang peranan penting di dalamnya. Salah satu persoalan yang muncul berkaitan dengan diri individu di dalam menghadapi tuntutan organisasi yang semakin tinggi dan persaingan yang keras di tempat kerja karyawan adalah stres kerja. Pengkajian tentang stres kerja dari beberapa referensi ada kaitannya dengan gaya kepemimpinan dan pemberdayaan karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research yang ingin menjelaskan bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja melalui pemberdayaan karyawan. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Jawa Timur Park Batu yang berjumlah 200 orang dengan pengambilan sampel 133 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap pemberdayaan karyawan maupun stres kerja, selain itu terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara pemberdayaan karyawan terhadap stres kerja dan terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja melalui pemberdayaan karyawan pada Jawa Timur Park Batu. Saran yang bisa diberikan adalah (1) Pimpinan Jawa Timur Park Batu sebaiknya lebih memberikan perhatian terhadap kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi karyawan; (2) Peneliti berikutnya agar lebih mengembangkan dan menggali lebih luas variabel-variabel dan indikator-indikator lain yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan transformasional, pemberdayaan karyawan dan stres kerja seperti kepuasan kerja, motivasi kerja, komitmen organisasi, beban kerja serta masa kerja yang dialami karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31140

Actions (login required)

View Item View Item