Hubungan antara persepsi dan sikap kepala sekolah dasar negeri terhadap kelompok kerja kepala sekolah (KKKS) di Kabupaten Ponorogo / Agustina Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi dan sikap kepala sekolah dasar negeri terhadap kelompok kerja kepala sekolah (KKKS) di Kabupaten Ponorogo / Agustina Rahmawati

Agustina Rahmawati (2009) Hubungan antara persepsi dan sikap kepala sekolah dasar negeri terhadap kelompok kerja kepala sekolah (KKKS) di Kabupaten Ponorogo / Agustina Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah memiliki peran yang penting khususnya bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Kemampuan profesional yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah tidak hanya didapat melalui banyaknya teori dan berbagai disiplin ilmu yang dikuasai tetapi juga melalui berbagi pengalaman dengan rekan sejawat dan ahli dalam bidang kepemimpinan pendidikan seperti pengawas dan kepala sekolah lain. Untuk itu pemerintah membentuk suatu wadah perkumpulan Kepala Sekolah yang berfungsi sebagai wadah komunikasi dalam peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah yang diberi nama dengan KKKS. Wadah tersebut bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan kepala sekolah dalam memberikan bantuan layanan dan pembinaan kepada guru sehingga berguna bagi perkembangan guru terciptanya hubungan kerjasama dan komunikasi yang baik antar kepala sekolah dengan pengawas sekolah. Di samping itu dapat memberikan pengaruh positif terhadap persepsi dan sikap kepala sekolah mengenai keberadaan organisasi profesi kepala sekolah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang Hubungan Antara Persepsi dan Sikap Kepala Sekolah Dasar Negeri Terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) di Kabupaten Ponorogo . Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi kepala sekolah SDN terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah di Kabupaten Ponorogo (2) Bagaimana sikap kepala sekolah SDN terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah di Kabupaten Ponorogo (3) Apakah ada hubungan antara persepsi dan sikap terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah kepala sekolah SDN di Kabupaten Ponorogo Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tentang persepsi Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Ponorogo terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah (2) Untuk mendeskripsikan tentang sikap Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Ponorogo terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah (3) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan sikap kepala sekolah terhadap Kekompok Kerja Kepala Sekolah SDN di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian meliputi kepala sekolah SDN di Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 604 orang dan sampel 151orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan (1) Persepsi kepala sekolah SDN di kabupaten Ponorogo masuk kategori cukup (2) Sikap kepala sekolah di Kabupaten Ponorogo masuk pada kategori sedang (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan sikap kepala sekolah terhadap KKKS SDN di Kabupaten Ponorogo. Apabila persepsi yang ditunjukkan oleh kepala sekolah sangat baik maka sikap yang ditunjukkan oleh kepala sekolah juga akan tinggi. Begitu sebaliknya apabila persepsi yang ditunjukkan oleh kepala sekolah kurang baik maka sikap yang ditunjukkan oleh kepala sekolah akan rendah. Saran yang dapat disampaikan sebagai berikut (1) Kepala Dinas Penidikan Kabupaten Ponorogo seyogyanya lebih meningkatkan perhatiannya pada persepsi dan sikap kepala sekolah terhadap Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) salah satu caranya dengan mengeluarkan kebijakan yang dapat meningkatkan citra positif di mata kepala sekolah sehingga kepala sekolah (2) Kepala sekolah sebagai anggota KKKS dapat melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan persepsi dan sikap kepala sekolah terhadap KKKS (3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah kajian tentang bidang pendidikan pada mata kuliah organisasi pendidikan (4) Bagi pengawas SD sebagai pembina KKKS hendaknya lebih meningkatkan pengelolaan KKKS atau lebih mengutamakan aspek-aspek profesional dalam setiap penyelenggaraan kegiatan KKKS terutama memberikan perhatian pendekatan penghargaan dari kemajuan yang dicapai serta memberikan umpan balik kepada KKKS terhadap berbagai usaha yang sudah dipantau (5) Hasil penelitian ini diharapkan dapat diperluas dengan menggunakan rancangan penelitian yang berbeda dan dengan teknik pengumpulan data yang lebih lengkap seperti dengan teknik wawancara mendalam observasi lapangan secara menyeluruh dan menggunakan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item