Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop Acer (studi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang) / Rendra Handoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop Acer (studi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang) / Rendra Handoko

Handoko, Rendra (2011) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop Acer (studi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang) / Rendra Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Faktor Psikologis (Motivasi Persepsi Pembelajaran serta Keyakinan dan Sikap) Keputusan Pembelian. Pada dasarnya tiap perusahaan memiliki tujuan untuk bisa meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Dalam dunia persaingan saat ini banyak produsen terus berupaya untuk berinovasi dalam pengembangan produknya. Dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen perusahaan melalui pendekatan faktor psikilogis. Dalam penelitian ini faktor psikilogis yang terdiri dari motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampel menggunakan purposive sampel sebanyak 46 responden (Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 34 item pertanyaan. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas serta menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Pengolahan data yang dilakukan peneliti menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap secara parisal berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Setiap sub variabel memiliki nilai silai sig 0 05 yang berarti H0 ditolak. Secara simultan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata sebagian responden memiliki motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap sudah baik terhadap Laptop Acer (2) keputusan pembelian terhadap laptop Acer sanagta baik yang dilihat dari jawaban responden (3) secara parsial motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Laptop Acer (4) faktor psikologis secara simultan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Laptop Acer. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Konsumen Laptop Acer banyak tersebar di seluruh Indonesia oleh karena itu produsen harus bisa menjaga dan mempertahankan kualitas produknya. (2) Produsen Laptop Acer harus tetap menjaga faktor psikologis yang telah dimiliki konsumennya termasuk konsumen Laptop Acer di Kota Malang agar keputusan pembelian tetap terjaga sehingga meminimalkan kemungkinan konsumen berpindah ke merek lain. (3) Untuk peneliti selanjutnya jumlah variabel ditambah selain variabel dalam penelitian ini dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item View Item