Pengaruh iklan dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian motor Yamaha (studi kasus di Dealer Gondanglegi Motor Kabupaten Malang) / Shochibul Aziz Zaelani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian motor Yamaha (studi kasus di Dealer Gondanglegi Motor Kabupaten Malang) / Shochibul Aziz Zaelani

Zaelani, Shochibul Aziz (2011) Pengaruh iklan dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian motor Yamaha (studi kasus di Dealer Gondanglegi Motor Kabupaten Malang) / Shochibul Aziz Zaelani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Iklan Layanan Purna Jual Keputusan Pembelian Seiring dengan pekembangan zaman dimana persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dan kompetitif hal ini mengakibatkan perusahaan terus berusaha agar tetap dapat bertahan didunia bisnisnnya. Pada situasi seperti ini peran pamasaran sangat penting bagi perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dalam konsep pemasaran perusahaan tidak cukup hanya dengan memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan bermutu tetapi hal penting yang harus dilakukan perusahaan adalah bagaimana mengkomunikasikan produknya agar diketahui dan menarik minat konsumen untuk membelinya maka Dealer Gondanglegi Motor melaksanakan konsep pemasaran yang meliputi iklan dan layanan purna jaul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui diskripsi iklan layanan purna jual dan keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha pada Dealer Gondanglegi Motor (2) mengetahui pengaruh iklan terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha pada Dealer Gondanglegi Motor (3) mengetahui pengaruh layanan purna jual (pengiriman barang konsultasi pelanggan pemeliharaan dan perbaikan dan garansi) terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha pada Dealer Gondanglegi Motor. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu iklan (X1) layanan purna jual (X2) dengan subvariabel pengiriman barang (X2.1) konsultasi pelanggan (X2.2) pemeliharaan dan perbaikan (X2.3) dan garansi (X2.4) sedangkan variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli sepeda motor Yamaha di Dealer Gondanglegi Motor. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan menggunakan 945 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) iklan (X1) layanan purna jual (X2) dengan subvariabel pengiriman barang konsultasi pelanggan pemeliharaan dan perbaikan dan garansi mempunyai nilai thitung masing-masing (2 284 2 177 3 953 2 698 2 213) dengan signifikan masing-masing (0 025 0 032 0 000 0 008 0 029). (2) Pengaruh iklan dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 65 3% sedangkan sisanya sebesar 34 7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) hasil analisis deskriptif dapat diketahui (a) Keadaan iklan yaitu mayoritas responden memberikan penilaian setuju dan sangat setuju untuk tujuan/kejelasan frekuensi dan daya tarik. (b) Keadaan layanan purna jual yaitu mayoritas responden memberikan penilaian setuju untuk (pengiriman barang konsultasi pelanggan pemeliharaan dan perbaikan dan garansi). (c) Keadaan keputusan pembelian yaitu responden memiliki keputusan yang tinggi dengan memberikan penilaian setuju terhadap keputusan pembelian yang meliputi pemilihan produk/tipe pemilihan lokasi pembelian penentuan waktu pembelian dan cara pembayaran. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara iklan dan layanan purna jual terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha pada Dealaer Gondanglegi Motor Kabupaten Malang. Sedangkan saran (1) Dealer Gondanglegi Motor Kabupaten Malang harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kegiatan periklanan karena periklanan merupakan alat yang efektif untuk mendongkrak penjualan. (2) Hendaknya Dealer Gondanglegi Motor lebih memperhatikan layanan purna jual yang berupa fasilitas perbaikan (servis) misalnya dengan lebih melengkapi spare part dan suku cadang menyediakan mekanik yang lebih handal (pelatihan yang intensif). (3) Pengadaan/penyediaan kotak saran sangat membantu dan mendukung pihak manajemen Dealer Gondanglegi Motor dalam mempertahankan layanan purna jual serta meningkatkannya sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh setiap konsumen. (4) Untuk peneliti selanjutnya dalam pembuatan instrumen penelitian sebaiknya tidak menggunakan jawaban ragu-ragu jawaban ragu-ragu (RR) hendaknya diganti dengan jawaban cukup setuju (CS). Selain itu dalam instrumen penelitian item jawaban harus lebih diperjelas lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item