Penerapan kolaborasi model problem based learning dan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen dalam mata pelajaran menerapkan K3LH) / David Anggik Anggada

Anggada, David Anggik (2011) Penerapan kolaborasi model problem based learning dan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen dalam mata pelajaran menerapkan K3LH) / David Anggik Anggada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: problem based learning (PBL), mind mapping, hasil belajar siswa, respon siswa Hasil belajar pada siswa X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen dalam mata pelajaran Menerapkan K3LK tergolong rendah. Hasil belajar siswa tergolong rendah salah satunya dikarenakan kurangnya variasi model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Menerapkan Keamanan Kesehatan Lingkungan Hidup (K3LH), metode pembelajaran yang digunakan harus bisa membuat siswa berfikir secara kritis dalam menyikapi setiap kasus yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam menganalisis suatu masalah dalam soal, misalnya soal studi kasus. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penerapan kolaborasi Cooperative Learning model Problem Based Learning dan Mind Mapping, dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada tanggal 25 April sampai 19 Mei 2011. Langkah-langkah penerapan kolaborasi Cooperative Learning model Problem Based Learning dan Mind Mapping dimulai dengan penerapan model Problem Based Learning. Pertama-tama guru membagi 24 siswa kedalam 5 kelompok dengan jumlah 4-5 siswa tiap kelompok. guru memberikan suatu key study dalam hal ini adalah suatu permasalahan yang terkait dengan materi bahasan, dilanjutkan dengan metode Mind Mapping yaitu setiap kelompok mevisualkan hasil diskusi kelompoknya dan mempresentasikan hasil gambar diskusi kelompoknya. Pengumpulan data menggunakan observasi kegiatan guru, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian penerapan kolaborasi Cooperative Learning model Problem Based Learning dan Mind Mapping yang dilakukan di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen dalam mata pelajaran Menerapkan K3LH ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan kolaborasi Cooperative Learning model Problem Based Learning dan Mind Mapping pada kelas X APK SMK Cendika Bangsa mencapai tingkat keberhasilan tindakan guru yang sangat baik dan terbagi dalam 2 siklus; 2) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil belajar siswa yang mencapai 100% ketuntasan; 3) Respon siswa terhadap penerapan kolaborasi Cooperative Learning model Problem Based Learning dan Mind Mapping sangat baik dimana lebih dari 50% jumlah siswa memberikan pilihan jawaban positif pada 10 pernyataan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item