Manajemen koperasi sekolah (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Yatimah Yuda Suprihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen koperasi sekolah (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Yatimah Yuda Suprihatin

Yatimah Yuda Suprihatin (2009) Manajemen koperasi sekolah (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Yatimah Yuda Suprihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Koperasi sekolah merupakan salah satu substansi dalam manajemen layanan khusus sekolah yang keberadaannya sangat menunjang kegiatan pembelajaran siswa di sekolah. Keberadaan koperasi sekolah akan disenangi jika keberadaannya memberikan fungsi atau manfaat bagi siswa. Koperasi At-Taufiq merupakan salah satu koperasi yang ada di MAN 3 Malang. Koperasi tersebut memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan koperasi sekolah lain yang ada di kota Malang. Keunggulan tersebut antara lain meliputi (1) dari segi fisik koperasi tersebut memiliki ukuran ruangan yang cukup besar yaitu 250 m2 (2) jenis layanan yang ada di koperasi tersebut tidak hanya meliputi bidang usaha saja tetapi juga bidang jasa (3) koperasi tersebut memiliki prestasi yaitu koperasi tersebut ditetapkan sebagai koperasi dengan sistematika pembukuan terbaik antar SMU Se-Malang Raya dan koperasi tersebut masuk tiga besar jambore koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen koperasi At-Taufiq MAN 3 Malang yang meliputi (1) perencanaan program koperasi At-Taufiq (2) pengorganisasian koperasi At-Taufiq (3) jenis layanan yang ada di koperasi At-Taufiq (4) pengawasan dan pelaporan koperasi At-Taufiq (5) kontribusi yang diberikan koperasi At-Taufiq bagi madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus yang digunakan adalah studi kasus observasional. Pada penelitian ini peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data dimana peneliti melakukan sendiri teknik-teknik pengumpulan data. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan tiga metode yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tiga cara yaitu ketekunan pengamatan triangulasi dan ketercukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program koperasi At-Taufiq dilakukan oleh keseluruhan personel koperasi yang meliputi manajer koperasi dan karyawan koperasi dalam hal ini Kepala sekolah juga ikut terlibat. Kegiatan perencanaan tersebut dilakukan melalui beberapa langkah (2) koperasi At-Taufiq memiliki struktur organisasi dan mekanisme kerja tertulis yang dirumuskan bersama sebagai pedoman dalam menjalankan program kerja. Manajer koperasi selalu melakukan pembinaan secara rutin kepada karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. (3) jenis layanan yang ada di koperasi At-Taufiq meliputi a) layanan bidang usaha yang terdiri dari unit usaha pertokoan unit usaha wartel unit usaha fotokopi unit usaha kantin serta unit usaha sponsorship dan b)layanan bidang jasa yang meliputi instalatir listrik reparasi TV/ kulkas/ mesin cuci komputer travel servis mobil/ sepeda fotografi persewaan terop/ kursi sound system (4) proses pengawasan di koperasi At-Taufiq dilakukan oleh badan pengawas yaitu Waka Sarana Prasarana dan dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Pelaporan yang dilakukan oleh karyawan koperasi berupa laporan keuangan bulanan dan laporan persediaan barang (stock opname) (5) kontribusi yang diberikan oleh koperasi terhadap madrasah berupa kontribusi materi dan kontribusi non materi. Dari hasil kesimpulan temuan penelitian di atas dapat disarankan kepada pihak-pihak yang terkait yaitu (1) bagi Kepala Sekolah disarankan untuk terus memberikan pengarahan serta masukan/ kritik yang membangun kepada pengelola koperasi agar dapat mempertahankan eksistensi koperasi yang sampai saat ini sudah berkembang pesat (2) bagi manajer koperasi disarankan untuk mempergunakan modal dari siswa yang berupa simpanan pokok simpanan wajib dan simpanan sukarela yang selama ini tidak pernah dipergunakan untuk mengembangkan usaha koperasi (3) bagi karyawan koperasi disarankan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan serta lebih meningkatkan kualitas barang yang dijual (4) bagi siswa dengan seringnya diadakan lomba antar koperasi diharapkan dapat dijadikan pengalaman untuk menimba pengetahuan yang lebih mendalam tentang ilmu perkoperasian (5) bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan objek yang sama tetapi menggunakan pendekatan yang berbeda atau dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item