Fadhila, Khansa Ega Fadhila (2024) Peningkatan kemampuan memahami mahasiswa melalui penerapan lembar kerja mahasiswa (lkm) dengan pendekatan multirepresentasi pada topik gerak lurus berubah beraturan / Khansa Ega Fadhila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gerak lurus berubah beraturan merupakan salah satu sub materi dari kinematika pada mata kuliah fisika dasar I yang menjadi prasyarat dalam mempelajari materi fisika selanjutnya. Namun Gerak lurus berubah beraturan merupakan sub topik dimana sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pendekatan multirepresentasi dalam menyampaikan konsep gerak lurus berubah beraturan. Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran dapat diterapkan pada LKM sehingga mahasiswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan memahami mahasiswa pada topik gerak lurus berubah beraturan melalui pembelajaran menggunakan lembar kerja mahasiswa dengan pendekatan multirepresentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian Embedded Experimental Model yang terdiri dari desain eksperimen one group pretest-posttest design dan desain kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 17 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Angkatan 2020 yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Instrumen penelitian berupa 13 soal pretest dan posttest lembar kerja mahasiswa dan satuan acara perkuliahan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes (hasil tes lembar alasan think aloud) dokumentasi catatan lapangan isian LKM dan wawancara. Hasil analisis peningkatan pemahaman konsep mahasiswa diperoleh nilai N-gain sebesar 0 33. Berdasarkan nilai N-gain dapat disimpulkan bahwa skor mahasiswa mengalami peningkatan dengan kategori lower medium. Nilai d-effect size yang diperoleh adalah 0 99 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKM dengan pendekatan multirepresentasi dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan memahami konsep mahasiswa pada topik GLBB. Pemberian soal dengan jumlah lebih banyak pada setiap indikator soal disarankan agar kemampuan memahami mahasiswa dapat meningkat lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |