Pengaruh microteaching terhadap pengembangan physics teacher identity calon guru fisika / Kamila Aliya Bintang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh microteaching terhadap pengembangan physics teacher identity calon guru fisika / Kamila Aliya Bintang

Bintang, Kamila Aliya Bintang (2024) Pengaruh microteaching terhadap pengembangan physics teacher identity calon guru fisika / Kamila Aliya Bintang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara global ditemukan banyak masalah terkait rendahnya kualitas guru seperti kurangnya pengetahuan calon guru disebabkan salah satunya karena kurangnya pengalaman mengajar. Kajian literatur menyoroti bahwa pengalaman pendidikan guru memiliki peran sentral dalam konstruksi identitas guru. Hal tersebut menjelaskan bahwa mengeksplorasi identitas guru sangat penting selama proses pendidikan guru. Sebagai calon guru perlu pengintegrasian fungsional antara teori praktik dan materi serta metode penyampaiannya dimana hal ini dapat dilatih dalam kegiatan microteaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan microteaching terhadap pengembangan physics teacher identity (PTI) mahasiswa calon guru fisika. Desain penelitian yang digunakan adalah explanatory sequential mixed methods design dengan subjek penelitian 31 mahasiswa calon guru fisika Angkatan 2021. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner PTI yang diberikan sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan microteaching rubrik penilaian microteaching dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh melalui kuisioner dan observasi microteaching. Kemudian untuk melihat kategori peningkatan PTI dan dampak kegiatan microteaching yang dilakukan terhadap peningkatan PTI mahasiswa calon guru fisika dilakukan perhitungan N-gain dan Cohen rsquo s d effect size. Kemudian dari penilaian hasil observasi didapatkan sampel responden untuk dilakukan wawancara guna memberikan pemahaman tentang bagaimana microteaching mempengaruhi PTI mahasiswa calon guru fisika. Indikator PTI meliputi self-knowledge dan self-reflection. Hasil penelitian ini menunjukkan aspek setiap indikator yang meningkat melalui keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan microteaching meliputi minat mahasiswa terhadap fisika adanya role model pandangan orang lain terhadap mahasiswa sebagai calon guru fisika keterampilan mahasiswa sebagai calon guru fisika kepuasan dalam pengembangan diri sebagai calon guru fisika manfaat pembelajaran fisika pandangan terhadap diri sendiri sebagai calon guru fisika dan ilmu yang diperoleh selama kegiatan microteaching berkontribusi untuk rencana karir mahasiswa sebagai calon guru fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311274

Actions (login required)

View Item View Item