Pengembangan e-module interaktif dilengkapi soal level c4 dan c5 untuk melatih kompetensi siswa dalam menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi / FENTY EKA NIHAYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module interaktif dilengkapi soal level c4 dan c5 untuk melatih kompetensi siswa dalam menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi / FENTY EKA NIHAYAH

Nihayah, Fenty Eka Nihayah (2024) Pengembangan e-module interaktif dilengkapi soal level c4 dan c5 untuk melatih kompetensi siswa dalam menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi / FENTY EKA NIHAYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-module interaktif dilengkapi soal level C4 dan C5 untuk melatih kompetensi siswa dalam menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi. E-module interaktif dilengkapi soal level C4 dan C5 dikembangkan menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analysis tahap design tahap development dan tahap implementation serta khusus tahap evaluation dilakukan sebagai bahan revisi dari setiap tahapan. Uji efektifitas produk menggunakan desain pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi media yang dianalisis menggunakan uji validitas angket respon siswa yang dianalisis menggunakan uji kepraktisan soal pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan selisih nilai antara pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney serta soal pretest dan posttest juga dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian pada uji independent sample t-test pada pre-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.041 lt 0.05 pada post-test juga menggunakan uji independent sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.032 lt 0.05 dan pada selisih antara pretest dan post-test yang menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa nilai siginifikansi sebesar 0.002 lt 0.05. Sehingga produk ini mampu meningkatkan hasil belajar kognitif secara signifikan. Uji validitas e-module interaktif dilengkapi soal level C4 dan C5 diperoleh nilai sebesar 90 dan uji kepraktisan e-module sebesar 90.3%. Uji N-gain dari nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 0.4 sedangkan uji N-gain pada kelas kontrol sebesar 0.2. Uji N-gain dari nilai LOTS pada kelas eksperimen sebesar 0.3 sedangkan uji N- gain pada kelas kontrol sebesar 0.2. Selain itu uji N-gain dari nilai level C4 dan C5 pada kelas eksperimen sebesar 0.4 sedangkan uji N-gain pada kelas kontrol sebesar 0.2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar koginitif siswa dalam kategori sedang untuk kelas eksperimen dan kategori rendah untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-module interaktif dilengkapi soal level C4 dan C5 valid praktis dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran serta berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar koginitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311272

Actions (login required)

View Item View Item