Saifunnawar, Ahmad Robith (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sma melalui pembelajaran dengan model PJBL berdiferensiasi pada materi usaha dan energi / Ahmad Robith Saifunnawar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA melalui pembelajaran dengan model PjBL berdiferensiasi pada materi usaha dan energi. Berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi pada abad ke-21 namun kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Belajar tentang usaha dan energi dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis dengan menganalisis masalah merumuskan hipotesis dan menggunakan pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah. Pada penelitian sebelumnya menggunakan model pembelajaran tanpa mengakomodasi kebutuhan siswa maka perlu dilakukan penelitian ini dengan mengakomodasi kebutuhan siswa dalam segi proses. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group. Desain ini menempatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan model PjBL berdiferensiasi sedangkan kelas kontrol dilakukan dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan uji beda berupa uji-T kemudian data tersebut tidak normal maka dilakuakan uji Mann Whitney. Pada nilai posttest kelas kontrol dan eksperimen adalah 53 25 dan 78 72 yang sebelumnya memiliki nilai pretest 32 5 dan 25 15. Peningkatan ini dapat dilihat pada hasil presentase nilai N-gain kelas kontrol dan eksperimen yaitu 30 54% (masuk kategori tidak efektif) dan 71 41% (masuk kategori cukup efektif). Wawancara juga dilakukan kepada beberapa siswa yang menunjukkan bahwa mereka tertarik terhadap PjBL berdiferensiasi dapat dilihat dari respon mereka yang positif yaitu perasaan semangat nyaman senang dan tidak membosankan ketika melakukan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:02 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311271 |
Actions (login required)
View Item |