Gunawan, Fitrry Wulandari Gunawan (2024) Peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan penerapan pendekatan multirepresentasi berbantuan lembar kerja mahasiswa (lkm) pada topik gerak lurus beraturan / Fitrry Wulandari Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan penerapan pendekatan multirepresentasi berbantuan LKM pada topik gerak lurus beraturan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain penelitian Embedded Experimental Model. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah one group pretest-posttest design dimana responden diberikan soal pretest dan posttest menggunakan instrumen untuk mengukur pemahaman konsep mahasiswa. Desain penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Sampel dipilih dengan purposive sampling sebanyak 17 mahasiswa pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang memiliki minat tinggi dalam belajar secara sukarela tanpa diberikan insentif apapun. Perlakuan dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan multirepresentasi berbantuan LKM. Hasil yang telah diperoleh melalui perhitungan N-gain yaitu sebesar 0 42 dan Cohen rsquo s d-effect size sebesar 1 16. Berdasarkan hasil analisis lembar jawaban think aloud dan wawancara menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa masih beranggapan bahwa jarak tempuh dan perpindahan memiliki makna yang sama. Penggunaan pendekatan multirepresentasi mampu membantu mahasiswa menggambarkan suatu konsep menjadi berbagai multirepresentasi. Beberapa mahasiswa kurang menguasai representasi matematis pada soal yang sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan multirepresentasi berbantuan LKM mampu meningkatkan pemahaman konsep pada topik gerak lurus beraturan. Bagi peneliti yang menggunakan media dan pendekatan yang serupa untuk dapat menggunakan instrumen dengan tipe uraian karena penggunaan instrumen pilihan ganda kompleks pada penelitian ini memiliki kekurangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |