Rohmah, Siti Sinta Maulidia Rohmah (2024) Pengembangan e-module terintegrasi keterampilan 4c untuk melatihkan kompetensi peserta didik dalam menganalisis keteraturan gerak planet dan satelit dalam tata surya berdasarkan hukum newton tentang gravitasi / Siti Sinta Maulidia Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masih minimnya e-module dengan pendekatan 4C sebagai upaya mengahadapi tantangan pembelajaran pada era revolusi 4.0 merupakan permasalahan utama pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-module terintegrasi keterampilan 4C pada materi hukum newton tentang gravitasi. Media pembelajaran ini dapat dikatakan layak apabila memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE. Adapun responden uji kevalidan ada satu orang ahli media dan dua orang validator materi sementara untuk uji kepraktisan terdiri dari sepuluh peserta didik dan seorang guru SMA Brawijaya Smart School. Uji efektivitas dilakukan pada dua kelas satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan ini berasal dari hasil angket nilai pretest dan nilai posttest. Uji kevalidan mendapatkan hasil dengan kategori valid pada validasi media didapatkan skor 92 71 dengan kriteria valid dan validasi materi didapatkan skor 91 78 dengan kriteria valid. Hasil uji reliabilitas soal pretest dan posttes menunjukan soal berada dalam reliabilitas kategori tinggi yaitu 0 784 untuk pretest dan 0 881 untuk posttest. Hasil untuk uji kepraktisan mendapatkan hasil bahwa media ini praktis digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil uji kepraktisan guru dan peserta didik yang memperoleh skor rata-rata yaitu 96 % dengan kategori praktis tanpa perbaikan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai posttest menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 003 lebih kecil dari 0 05 dapat diambil keputusan bahwa nilai probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) lt 0 05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya pada uji N-gain Score didapatkan Hasil N-gain Score dari kelas eksperimen yaitu sebesar 0 7 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol 0 5 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan e-module terintegrasi keterampilan 4C berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi hukum newton gravitasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |