Madjid, Thoha Abdul Madjid (2024) Pengaruh penilaian formatif berbantuan articulate storyline dalam pbl terhadap kemampuan pemecahan masalah materi elastisitas dan hukum hooke / Thoha Abdul Madjid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penilaian formatif berbantuan articulate storyline dalam model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group yang melibatkan dua kelas eksperimen dan kontrol. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes uraian sebanyak 7 soal pemberian tes dilakukan sebanyak dua kali pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t (independent samples test) berdasarkan nilai signifikansi dan nilai t-hitung gt t-tabel artinya terdapat perbedaan signifikan antara pengaruh penilaian formatif berbantuan articulate storyline dalam model PBL dibandingkan dengan penerapan model PBL saja terhadap kemampuan pemecahan masalah materi elastisitas dan Hukum Hooke. Uji N-gain rata-rata kelas eksperimen memiliki nilai sebesar 0 708 termasuk kategori tinggi sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol memiliki nilai sebesar 0 534 termasuk kategori sedang. Sementara itu uji N-gain per sub-materi per item soal dan perindikator soal menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |