Pengembangan program remediasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika gerak lurus / Retni Yulita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program remediasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika gerak lurus / Retni Yulita

Yulita, Retni Yulita (2024) Pengembangan program remediasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika gerak lurus / Retni Yulita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan evaluasi hasil belajar menggunakan media konvensional membutuhkan waktu pengoreksian cukup lama bagi guru. Selain itu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan remediasi membuat guru melakukan pengulangan materi sesuai kebutuhan saja. Penggunaan media berbantuan teknologi menjadi salah satu alternatif yang digunakan guru dan peserta didik untuk memudahkan proses pembelajaran yang mana dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program remediasi berbantuan articulate storyline yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian R amp D dengan model analyze design develop implement dan evaluate (ADDIE). Hasil penelitian berupa program remediasi berbantuan articulate storyline pada materi dinamika gerak lurus berisi tes formatif laporan hasil belajar serta review materi yang dapat diakses secara online melalui link. Program remediasi ini memiliki fitur pemilihan karakter dan zoom in gambar sehingga dapat menarik dan memudahkan peserta didik. Produk yang dihasilkan telah melalui uji validitas dan kepraktisan. Hasil yang diperoleh dari uji kevalidan yaitu program remediasi ini valid dari segi materi dan sangat valid dari segi media sedangkan uji kepraktisan diperoleh hasil yang praktis. Selain itu produk yang dihasilkan dalam penelitian ini juga telah diujicobakan pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Panjura Malang yang berjumlah 20 orang untuk melihat keefektivitasannya dalam meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika gerak lurus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan memiliki kriteria sedang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-gain sebesar 0 37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan program remediasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar yang valid praktis dan cukup efektif. Kedepannya peneliti menyarankan program remediasi berbantuan articulate storyline ini dapat dikembangkan lebih lanjut seperti adanya durasi waktu pengerjaan pada tes formatif animasi diagram bebas pada review materi rekam jawaban serta nilai peserta didik maupun materi fisika lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311253

Actions (login required)

View Item View Item