Eksplorasi pelaksanaan pembelajaran fisika berdiferensiasi / Irdina Nanda Prastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi pelaksanaan pembelajaran fisika berdiferensiasi / Irdina Nanda Prastuti

Prastuti, Irdina Nanda Prastuti (2024) Eksplorasi pelaksanaan pembelajaran fisika berdiferensiasi / Irdina Nanda Prastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hal baru yang muncul dalam kurikulum merdeka dibandingkan dari kurikulum sebelumnya salah satunya yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang masih baru sehingga belum tahu bagaimana keterlaksanaannya di lapangan oleh guru fisika. Oleh karena itu perlu adanya eksplorasi pelaksanaan pembelajaran fisika berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan kendala serta dampak guru dalam menerapkan pembelajaran fisika berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini menggunakan populasi 33 responden guru fisika dan sampel 5 guru fisika yang tersebar di wilayah Jawa Timur. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kualitatif berupa data angket wawancara serta dokumen. Analisis data kualitatif dengan menggunakan bantuan aplikasi NVivo. Hasil penelitian ini ditemukan guru yang telah melaksanakan satu jenis diferensiasi dua jenis diferensiasi yang pelaksanaannya digabung dan tiga jenis diferensiasi yang pelaksanaannya terpisah. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran fisika berdiferensiasi diantaranya memerlukan waktu yang lebih lama dalam diferensiasi produk diperlukan variasi rubrik penilaian perlunya kreativitas guru dalam menstimulasikan materi agar dapat memenuhi kebutuhan siswa dan perlunya sosialisasi dari sekolah terkait pembelajaran berdiferensiasi. Oleh karena itu penting bagi sekolah untuk memahami elemen-elemen pembelajaran berdiferensiasi agar pelaksanaannya tidak terjadi penyimpangan terhadap teori. Selain itu dampak dari pembelajaran berdiferensiasi yaitu menjadikan siswa lebih aktif serta dapat meningkatkan motivasi bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311251

Actions (login required)

View Item View Item