Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return One Equity (ROE) terhadap Return saham melalui Earning Per Share (EPS) pada perusahaan LQ 45 yang Listing di BEI periode 2010 / Alvin Bahari Alim

Alim, Alvin Bahari (2011) Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return One Equity (ROE) terhadap Return saham melalui Earning Per Share (EPS) pada perusahaan LQ 45 yang Listing di BEI periode 2010 / Alvin Bahari Alim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS) dan Return Saham. Dalam manajemen keuangan, kita kenal 3 fungsi utama, yaitu fungsi penggunaan dana, fungsi mendapatkan dana serta kebijakan deviden. Investasi dilakukan investor pada asset keuangan mengandung banyak ketidakpastian, sehingga investor perlu melakukan penilaian terhadap instrumen keuangan yang akan dipilihnya. Salah satu daya tarik investor dan calon investor untuk membeli dan menjual saham adalah dilihat dari return saham. Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang banyak dipilih oleh investor. Prestasi perusahaan salah satunya dapat dilihat dari kinerja keuangan yang tercermin dari rasio-rasio keuangan. Penilaian return saham dapat dilakukan dengan menggunakan analisis fundamental. Untuk menilai return saham, investor harus melakukan analisis terlebih dahulu terhadap saham-saham perusahaan yang ada di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel yang terdiri dari Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) terhadap return saham secara langsung meupun tidak langsung melalui Earning per Share (EPS). Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara teknik dokumentasi yang diperoleh dari data sekunder Indonesian Capital Market Directory (ICMD), laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia, dan data pergerakan saham harian yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) karena peneliti ingin melihat pengaruh secara langsung dan tidak langsung hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE), secara simultan tidak berpengaruh terhadap Return Saham melalui Earning per Share (EPS). tetapi secara parsial hanya variabel Return on Equity (ROE) yang berpengaruh signifikan terhadap Earning per Share (EPS), hubungan antar variabel yang lain tidak menunjukkan adanya pengaruh hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu: (1) diharapkan investor perlu memperhatikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi return saham, (2) diharapkan agar perusahaan selalu meningkatkan kinerjanya sehingga dapat meningkatkan tingkat pengembalian saham (return saham), dan (3) diharapkan bagi peneliti selanjutnya menggunakan lebih banyak variabel-variabel fundamental dalam menilai kinerja keuangan perusahaan. Selain itu, sampel yang digunakan juga lebih banyak dan dalam satu industri juga memperpanjang periode pengamatan sehingga bisa diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item View Item