Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice disertai corrective feedback untuk mengidentifikasi miskonsepsi gerak lurus siswa / AYU ROHMA FITRIANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice disertai corrective feedback untuk mengidentifikasi miskonsepsi gerak lurus siswa / AYU ROHMA FITRIANA

Fitriana, Ayu Rohma Fitriana (2024) Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice disertai corrective feedback untuk mengidentifikasi miskonsepsi gerak lurus siswa / AYU ROHMA FITRIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukaran pada tes diagnostik four-tier multiple choice disertai corrective feedback yang telah dikembangkan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa terhadap materi gerak lurus. Jenis penelitian adalah Research and Development (R amp D) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap yaitu pendahuluan (define) perencanaan (design) pengembangan (develop) penyebaran (disseminate). Subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMA Negeri Jombang. Tes diagnostik terdiri atas 4 tingkatan yaitu tingkat pertama untuk soal pengetahuan dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban tingkat dua berisi tingkat keyakinan atas jawaban terhadap tingkat pertama tingkat tiga berisi alasan jawaban pada tingkat pertama dengan empat pilihan alasan serta tingkat keempat berisi tingkat keyakinan atas alasan jawaban pada tingkat tiga. Produk yang telah dikembangkan telah valid dan layak untuk diimplementasikan pada pembelajaran merujuk pada hasil data dan analisis produk yang telah divalidasi. Validasi materi oleh ahli memiliki persentase valid sebesar 86%. Hasil uji reliabilitas memiliki nilai sebesar 0 610 yang mana lebih besar dari nilai ketetapan yaitu 0 60 sehingga produk dikatakan reliabel dengan kriteria tinggi. Untuk rata-rata dari daya beda soal diperoleh nilai 0 491 dengan kriteria baik. Soal tes terdiri dari 4 butir soal sedang dan 6 butir soal sukar. Ditinjau dari hasil analisis diketahui bahwa 38 3% dari 35 siswa masih tidak paham konsep 47 1% siswa masih mengalami miskonsepsi dan 14 6% siswa sudah paham dengan konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311248

Actions (login required)

View Item View Item