Wahyuni, Feviana Tri Wahyuni (2024) Pengaruh pembelajaran fisika berbasis design thinking terhadap design thinking mindset peserta didik sma pada materi fluida statis / Feviana Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian bertujuan mengeksplorasi pengaruh pembelajaran fisika berbasis Design Thinking terhadap perubahan Design Thinking Mindset peserta didik materi Fluida Statis. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan Pretest-Posttest Control Only Group Design. Penelitian melibatkan 66 peserta didik SMA yang terdiri dari 19 laki-laki dan 47 perempuan. Kuesioner Design Thinking Mindset dalam bentuk skala likert digunakan sebagai instrumen penelitian ini. Uji hipotesis Non-Parametrik Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan tidak terdapat perbedaan pada pretest dan posttest pada kelas kontrol. Hal ini disimpulkan terdapat pengaruh positif pembelajaran fisika berbasis Design Thinking berupa peningkatan Design Thinking Mindset peserta didik. Aspek Design Thinking Mindset yang berkembang adalah Orientasi Belajar dengan Membuat dan Menguji Percaya Diri dan Optimis Menggunakan Kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan untuk melaksanakan penelitian dengan waktu yang lebih panjang untuk melihat pengaruh pembelajaran Design Thinking terhadap perubahan Design Thinking Mindset secara optimal dan melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran oleh pihak lain sebagai bukti keabsahan pelaksanaan penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311242 |
Actions (login required)
View Item |