Pengaruh penerapan stem dan scaffolding strategis dalam pjbl terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sma pada materi energi terbarukan / Rizky Putri Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan stem dan scaffolding strategis dalam pjbl terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sma pada materi energi terbarukan / Rizky Putri Maharani

Maharani, Rizky Putri Maharani (2024) Pengaruh penerapan stem dan scaffolding strategis dalam pjbl terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sma pada materi energi terbarukan / Rizky Putri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan energi menjadi tantangan di abad ke-21 sebagai akibat dari pertambahan populasi. Permasalahan kebutuhan energi ini memerlukan solusi yang dapat dicapai jika manusia memiliki kemampuan berpikir kritis. Metode yang efektif untuk mengajarkan kemampuan berpikir kritis pada Energi Terbarukan adalah Project-based Learning (PjBL). Meskipun demikian PjBL masih memiliki kelemahan. STEM dan strategic scaffolding dipadukan PjBL dapat mengatasi kelemahan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh STEM dan scaffolding strategis dalam PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed method) dengan sequential explanatory design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang. Dua kelas digunakan dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerapkan STEM dan strategic scaffolding dalam PjBL serta kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerapkan PjBL. Data kuantitatif didapatkan menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis sedangkan data kualitatif didapatkan melalui instrumen wawancara. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan uji non-parametris Mann-Whitney U sedangkan analisis data kualitatif dilakukan model Miles and Huberman (data reduction data display dan conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan STEM dan strategic scaffolding dalam PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (G 0 662) lebih tinggi daripada siswa pada kelas kontrol (G 0 492). Kategori peningkatan kelas eksperimen ini berada pada kategori Tinggi sedangkan peningkatan kelas kontrol berada pada kategori Sedang. Peningkatan ini dapat terjadi karena siswa kelas eksperimen dituntut menjelaskan keefektifan produk dengan menyajikan bukti berupa perhitungan input dan output melalui pengintegrasian STEM dengan bantuan strategic scaffolding. Sehingga STEM dan strategic scaffolding dalam PjBL memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311238

Actions (login required)

View Item View Item